PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN MELALUI METODE PENDAMPINGAN KEAGAMAAN

Authors

  • Irsan Kahar Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Arbaen Arbaen Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nilam Pahrisa Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Najamuddin Najamuddin Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Ayu Demitra Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Ferawati Sandi Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Nurhayani Nurhayani Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Suci Suparman Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Hera Universitas Muhammadiyah Palopo
  • Rasyidah Jalil Universitas Muhammadiyah Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18416

Keywords:

Motivasi Belajar, Al-Qur’an, Pendampingan, Keagamaan

Abstract

Kemampuan mahasiwa dalam memberikan motivasi belajar al-Qur’an serta metode pendampingan keagamaan yang cocok sangat membantu perkembangan anak khusunya di TPA Desa Salubbua Kecamatan Suli Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca kitab suci al-qur’an karena al-Qur’an sebagai pedoman hidup bagi manusia yang wajib dipelajari kepada anak-anaknya dari sejak dini. dengan metode pendampingan keagamaan serta pemberian motivasi siswa dengan mengajak siswa di awal pembelajaran dengan membaca Asmaul Husnaa serta beberapa surat-surat pendek dengan menggunakan nada-nada nyanyian.nKemudian menonton video animasi tentang pengenalan huruf Hijaiyyah. Memberikan Les Privat baca tulis al-Qur’anasecara langsung kepada siswa dan menceritakan tentang ilmu-ilmu keislaman. Dari Ihasil lkegiatan ini dapatt diketahui ibahwaa kemampuan siswa pada saat membaca al-Qur`an tergolong tinggii merekaa mampu membaca al-Qura’an dengan baik serta untuk datang belajar semakin meningkat dan bertambahnya jumlah siswa yang ikut dalam pembelajaran pendidikan al-Qur’an di TPA Desa Salubua Kecamatan Suli Barat

References

Aristiyana, Y. D. (2017). Pembiasaan mengaji ba’da dzuhur dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-qur’an pada siswa di SD Negeri Kedungbenda,Kemangkon,Purbalingga.105–112. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/3041/

Ariyanti, Kesbi, F. G., Tari, A. R., (2021). Pembiasaan Mengaji Ba’da Maghrib Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Terhadap Anak Dusun Pulau Senggeris Desa Pekan Gedang Kec Batang Asai Kab Sarolangun.Skripsi. http://repository.uinjambi.ac.id/6853/

Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906

Hamzah B. Uno. 2017. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Khasanah, L. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Menggunakan Metode Tartil Bagi Santri Di Pondok Pesantren Al Fatimiyyah Al Islamy Desa Adiluhur Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur. Skripsi, 1–133. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/830/

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Oemar Hamalik. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Septian Nur Azmi Ulinafiah. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Membaca Al-qur’an dengan metode An-Nahdliyah Di Madrasah Diniyah Roudatul Huda Desa Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Ponorogo. Skripsi, 3(1), 13. http://etheses.iainponorogo.ac.id/13951/1/210316190

Syaiful Bahri Djamarah. 2011 Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sri Wulan, Diah Ayu Pratiwi, dan I. S. (2018). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Membiasakan Mengaji Ditpa Ash-Sholihin Rw 03 Cipinang, Jatinagor. 166–169. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/16566

Subur.2015.Pembelajaran Nilai Moral Berbasis Kisah.Yogyakarta: Kalimedia

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Kahar, I., Arbaen, A., Pahrisa, N., Najamuddin, N., Demitra, A., Sandi, F., Nurhayani, N., Suparman, S., Hera, & Jalil, R. (2023). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN MELALUI METODE PENDAMPINGAN KEAGAMAAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7198–7204. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.18416