PENINGKATAN KOMPETENSI GURU JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 1 AL-MUBARKEYA INGIN JAYA

Authors

  • Andrian Kaifan Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Fauzi A. Gani Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Irham Irham Politeknik Negeri Lhokseumawe
  • Khairul Miswar Politeknik Negeri Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18140

Keywords:

Pelatihan, Kompetensi Guru DPIB, Pengukuran Tanah, GNSS/GPS Geodetik RTK,Civil3D

Abstract

Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Lhokseumawe bekerja sama dengan SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya menyelenggarakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru Jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 1 Al-Mubarkeya Ingin Jaya. Pelatihan yang dilakukan adalah pelatihan pengukuran dan penggambaran hasil pengukuran dengan alat GNSS/GPS Geodetik RTK dan software Autodesk Civil3D. Pelatihan ini adalah sangat penting mengingat kebutuhan di lapangan konstruksi sipil saat ini, pengukuran tanah selain menggunakan alat ukur terrestrial juga sudah semakin banyak yang menggunakan alat ukur berbasis global positioning system (GPS). Pengukuran berbasis GPS ini membuat pengukuran tanah tidak lagi harus diikat dalam dua buah benchmarking lapangan yang berkoordinat lokal atau global yang sudah ada di lapangan, namun dapat diikat langsung dengan system koordinat global dengan koneksi sinyal satelit-satelit GPS. Pengukuran ini pun lebih cepat dibandingkan dengan cara terrestrial. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 2 hari, hari pertama dilakukan pelatihan penggunaan alat GPS Geodetik RTK dan hari kedua dilaksanakan pelatihan penggambaran hasil pengukuran tanah dengan alat GNSS/GPS Geodetik RTK menggunakan software Autodesk Civil3D. Dari hasil pelatihan ini, semua peserta sudah mampu mengoperasikan alat GNSS/GPS Geodetik RTK dan software Civil3D. Para peserta juga menyatakan puas dengan pelatihan ini seperti yang diisi dalam kuesioner penilaian kepuasan pelaksanaan pelatihan ini.

References

Bakara, J. (2011). Perkembangan sistem satelit navigasi global dan aplikasinya. Berita Dirgantara Volume 12 Nomor 2, 38–47.

Gularso, H., Subiyanto, S., & Sabri, L. M. (2013). Tinjauan pemotretan udara format kecil menggunakan Pesawat ModelSkywalker 1680 (Studi kasus: Area sekitar Kampus UNDIP). Jurnal Geodesi, 2(2).

Kaifan, A., Almawardi, Bakhtiar, Abdullah, F., & Amri, M. (2021). Pembuatan peta desa Dusun Lhoh Kumbang Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe dengan cara fotogrametri. Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, C-90-C–92.

Prasetya, D. (2012). Partisipasi Indonesia dalam pembahasan Sistem Satelit Navigasi Global (Global Navigation Satellite System) dalam Sidang UNCOPUOS. Berita Dirgantara Vol. 13 No. 4, 123.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Kaifan, A., Gani, F. A., Irham, I., & Miswar, K. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 1 AL-MUBARKEYA INGIN JAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6552–6555. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18140