DIVERSIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI PADA SDN TABING RIMBAH 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18132Keywords:
Multimedia, PKM, VideoAbstract
Hasil survei PISA menunjukkan bahwa siswa Indonesia mendapat nilai lebih rendah dalam hal membaca dan matematika sehingga jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain di Asia Tenggara, maka Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat kemampuan literasi numerasi yang tergolong rendah. Berdasarkan hal tersebut, upaya peningkatan literasi numerasi khususnya disatuan pendidikan dasar menjadi salah satu agenda prioritas nasional. Pengetahuan literasi numerasi sangat diperlukan untuk mempersiapkan kualitas tenaga pendidik yang berkualitas sehingga dapat berimbas juga kepada kualitas peserta didik. Peran tenaga pendidik sangatlah penting sebagai salah satu faktor dalam menjamin kualitas dan mutu pembelajaran. Oleh sebab itu, tenaga pendidik sudah seharusnya terus mengembangkan kompetensinya sebagai pengajar baik berupa pengetahuan maupun keterampilan baru yang inovatif sehingga dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tenaga pendidik terkait kompetensi literasi numerasi sekaligus meningkatkan kemampuan peserta didik. Metode yang digunakan meliputi metode presentasi, metode pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini berhasil meningkatkan level keberdayaan Mitra sebesar 29% terkait pengetahuan literasi numerasi, 70% terkait penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dan 86% untuk literasi numerasi peserta didik sehingga cukup berkontribusi dalam membantu meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan juga kemampuan literasi numerasi peserta didik di SD Negeri Tabing Rimbah 1.References
Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen Nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.
Fitri Amellya, A., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Jurnal Barik, 2(3), 60–72. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Karyadiputra, E., Ibrahim, I., & Kumala, S. (2020). PKMS Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Berbasis E-Learning untuk Peningkatan Kompetensi pada Guru SMA N 1 Anjir Pasar. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(1).
Kemendikbudristek. (2021a). Modul Literai Numerasi di Sekolah Dasar.
Kemendikbudristek. (2021b). Kemendikbudristek Gelar Bimbingan Teknis Literasi dan Numerasi. Kemdikbud.Go.Id.
Mardaweni, R. (2023). Pendampingan Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa di SD Negeri Sodong II (Vol. 3).
OECD. (2018). PISA 2018 Results (Volume VI)?: Are Students Ready to Thrive in an Interconnected World??
Putri, F. S. (2022). Aplikasi Multimedia dan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Literasi Numerasi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 22(2), 155–161. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3918
Utari, W., Robintang Tambunan, E., Chintyawati Arrasyid, I., Fauziah, M., Hasna Nisrina, R., Damanik, Y., Mulyana, A., Eka Putri, H., & Tiara Antik Sari, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Bagi Guru SDN 9 Nagrikaler untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa. 1(2), 142–152.
Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad?: Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erfan Karyadiputra, Agus Setiawan, Sari Kumala, Muhammad Rizal Abdi, Renny Melanda Febriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.