PENERAPAN BUDIKDAMBER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA TANAH RAKYAT KECAMATAN PULO BANDRING KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Lanna Reni Gustianty Universitas Asahan
  • Cik Zulia Universitas Asahan
  • Ade Fipriani Lubis Universitas Asahan
  • Bagas Aditya Universitas Asahan
  • Yusniar Yusniar Universitas Asahan
  • Sri Rahmayanti Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18126

Keywords:

Budidamber, POC, Tanaman

Abstract

Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah penyampaian materi, diskusi, praktik langsung membuat budikdamber serta bimbingan dan pendampingan teknis. Hasil kegiatan pengabdian ini terdiri beberapa sesi yaitu dalam uraian dibawah ini: Sesi I:  Koordinasi program kegiatan Pada sesi ini melakukan koordinasi program kegiatan bersama kepala desa setempat serta staf perangkat desa. Memberikan dukungan dan berharap kegiatan ini akan memberikan upaya yang terbaik untuk desa Tanah Rakyat, Sesi II: Pembuatan BUDIKDAMBER dan POC dari pengolahan hingga pengaplikasian dan pemanenan kepada tanaman.  Pada sesi ini, Tim Pelaksana  melakukan kegiatan pembuatan BUDIKDAMBER dan pembuatan POC, Kegiatan sosialisasi ini dilakukan bersama kepala desa dan kepala dusun dan beberapa warga  di desa taanah rakyat. Guna memberi pengetahuan tentang pembuatan Budikdamber dan POC yang baik agar menjadi Budikdamber dan POC yang bernutrisi bagi tanaman.

References

Febri, S. R., et. al., 2019. Pelatihan BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) di Desa Tanah Terban Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang, Vol.3 No. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Jamiati, et. al., 2020. Penerapan Budidaya Ikan Dalam Ember “Budikdamber” pada Lahan Sempit dengan ssAquaponik di Yayasan Al-Ikhlas Cinere, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jakarta.

Prabawa, P. S., et. al.,2021. Pengabdian Budikdamber Sebagai Upaya Menjaga Ketahanan Pangan Kelurga Pada Warga Kelurahan Banyuasri, Buleleng, Vol.2 No.1. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Bali.

Putera, L. J., et., al., 2022. Budidaya Ikan Lele dalam Ember (BUDIKDAMBER) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Pasca Pendemi: Program KKN-PLP Desa Preneur Mahasiswa Keguruan di Desa Selengen Lombok Utara, Vol.2 No.1, Darma Diksani.

Suryana, A. A. H., et al., 2021. Penyuluhan Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) Di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Vol.2 No.1, Farmers: Journal of Community Services. Bandung.

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Gustianty, L. R. ., Zulia, C. ., Lubis, A. F. ., Aditya, B. ., Yusniar, Y., & Rahmayanti, S. . (2023). PENERAPAN BUDIKDAMBER DI LINGKUNGAN MASYARAKAT DESA TANAH RAKYAT KECAMATAN PULO BANDRING KABUPATEN ASAHAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6473–6476. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.18126