PENYULUHAN MENGENAI URGENSI MENUMBUHKAN CINTA PADA TANAH AIR BAGI ANAK WNI DI PAUD AT-TANZIL AMPANG MALAYSIA

Authors

  • Rima Rachmawati Universitas Widyatama
  • Meita Lukitawati Sujatna Universitas Widyatama
  • Evi Octavia Universitas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17984

Keywords:

Cinta Tanah Air, Pendidikan Anak Usia Dini, Warga Negara Indonesia, Imigran.

Abstract

Artikel ini merupakan hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya menumbuhkan rasa cinta tanah air Indonesia kepada siswa Pendidikan Anak Usia Dini di AT-Tanzil Ampang Malaysia. Sekitar 25 orang tua yang merupakan Warga Negara Indonesia mengikuti kegiatan ini. Metode pelaksanaannya dilakukan melalui ceramah oleh tim pengabdian, untuk membantu mereka memahami materi mengenai urgensi menanamkan nilai patriotisme dan nasionalisme sejak dini kepada anak-anak mereka.  Seiring dengan semakin mudahnya akses informasi dan penggunaan teknologi, serta kondisi global saat ini, pentingnya menumbuhkan cinta tanah air menjadi semakin vital. Salah satu kondisi yang membuat ini menjadi penting adalah tantangan global yang dihadapi saat ini, di mana setiap individu, terutama anak-anak, perlu memahami dan menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme.  Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemahaman para orang tua dalam mendampingi anaknya untuk mengenal dan menanamkan cinta tanah air dengan cara-cara yang mudah dipahami. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan sikap terbuka terhadap nilai-nilai nasionalisme sebagai sesuatu yang saat ini tidak bisa diabaikan dalam konteks global dan peradaban manusia.

References

Irmania, E., Trisiana, A., & Salsabila, C. (2021). Upaya Mengatasi Pengaruh Negatif Budaya Asing Terhadap Generasi Muda Di Indonesia Seperti Indonesia Mempunyai Banyak Sekali Kebudayaan , Mengingat Indonesia Bangsa Indonesia Memiliki Beragam Budaya Yang Tak Terhitung Jumlahnnya . Patut Dilirik Bangsa Lain. Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148–160.

Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Dan Patriotisme Pada Anak Usia Dini. Journal Of Education Research, 3(1), 35–41.

Nurdian, N., Ulfah, K. R., & Ilise, R. N. (2021). Pendidikan Muatan Lokal Sebagai Penanaman Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(2), 344–350.

Wildan, R. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Di Sd Negeri Menayu 1. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Universitas Widyatama Gelar Pengabdian Masyarakat Di Malaysia, Berikan Pelatihan Belajar Siswa Sb At-Tanzil. 27-Mei-2023. Diunduh Dari: Https://Editor.Id/Universitas-Widyatama-Gelar-Pengabdian-Masyarakat-Di-Malaysia-Berikan-Pelatihan-Belajar-Siswa-Sb-At-Tanzil/

Wisnarni. (2017). Menumbuhkembangkan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Kebiasaan Pada Sdn No. 119/ Iii Koto Majidin Hilir. Jurnal Tarbawi, 13(119), 51–63.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Rachmawati, R. ., Sujatna, M. L. ., & Octavia, E. . (2023). PENYULUHAN MENGENAI URGENSI MENUMBUHKAN CINTA PADA TANAH AIR BAGI ANAK WNI DI PAUD AT-TANZIL AMPANG MALAYSIA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6365–6370. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17984