PELATIHAN RECORDING TERNAK RUMINASIA di KELOMPOK TANI BUMDES DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • U. Habiyah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • R. Mulyadi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • J. Ashiddiqi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.1796

Keywords:

Pelatihan, Sosialisasi, Menajemen, Recording

Abstract

Populasi ternak kerbau di Kabupaten Kampar menunjukan tren penurunan tiap tahunya, ternak kerbau di Kabupaten Kampar sebanyak 18.134 ekor masih dibawah populasi ternak sapi (40.609 ekor) dan Kambing (25.078 ekor). Hal ini disebabkan oleh pemotongan yang terusmenerus tanpa adanya upaya untuk meningkatkan populasi ternak kerbau dan rendahnya menajemen usaha peternakan salah satunya recording. Untuk itu dibutuhkan pelatihan menajemen peternakan salah salah satunya recording. Metode ini mengakses semua potensi kemampuan peternak kerbau di Kabupaten Kampar khususnya Desa Salo Timur. Proses pembelajaran akan dilaksanakan secara dekokratis melalui metode pendidikan orang dewasa, dimana tim pengabdi hanya sebagai fasilitator dalam penyelesaian masalah. Sedangkan pendampingan difokuskan mulai dari ceramah, tanya jawab dan diskusi. Metode ceramah digunakan untuk memamparkan materi yang telah disusun oleh Tim Pelaksana. Hasil dari pelatihan dan sosialisasi ini adalah masyarakat dan BUMDES Desa Salo Timur mengetahui bagai mana cara beternak dengan menajemen yang baik dan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan untuk kerberlangsungan usahanya. Kesimpulan adalah secara umum peternak di Desa Salo Timur sudah mampu menjalankan pemeliharaan ternak dengan baik hanya perlu beberapa peningkatan menajemen sehingga didapatkan hasil yang lebih baik.

Author Biographies

Rahmat Hidayat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Program Studi Peternakan, Fakultas Teknik, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

U. Habiyah, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Teknik, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

R. Mulyadi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Teknik, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

J. Ashiddiqi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Teknik, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Kampar. 2020. Kabupaten Kampar dalam angka 2020. Kabupaten Kampar.

Gunawan, E. Romjali, C. Thalib. 2011. Kebijakan Pengembangan Pembibitan Kerbau Mendukung Swasembada Daging Sapi/Kerbau. Di dalam: Percepatan Perbibitan dan Pengembangan Kerbau melalui Kearifan Lokal dan Inovasi Teknologi untuk Mensukseskan Swasembada Daging Kerbau dan Sapi serta Peningkatan Kesejahteraan Peternak. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Kerbau; Lebak, 2-4 Nov 2010. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. hlm 241-245.

Mirdhayanti, I. J. Handoko dan K. U. Putra. 2008. Mutu susu segar di UPT ruminansia besar. Dinas Peternakan Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau. Jurnal Peternakan Vol 5 No 1: 14-21.

Maulidin, A.M. 2009. Motivasi Peternak dalam Kegiatan Berusaha Ternak Domba di Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Fakultas Peternakan. Universitas Padjadjaran. Bandung.

Maureen, C. E., E. Kardiyanto. 2011. Potensi Pengembangan Kerbau di Provinsi Banten mendukung Swasembada Daging. Di dalam: Percepatan Perbibitan dan Pengembangan Kerbau melalui Kearifan Lokal dan Inovasi Teknologi untuk Mensukseskan Swasembada Daging Kerbau dan Sapi serta Peningkatan Kesejahteraan Peternak. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Kerbau; Lebak, 2-4 Nov 2010. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. hlm 121-125.

Talib, C. 2008. Kerbau Ternak Potensial yang dianaktirikan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.

Downloads

Published

2020-02-23

How to Cite

Hidayat, R., Habiyah, U., Mulyadi, R., & Ashiddiqi, J. (2020). PELATIHAN RECORDING TERNAK RUMINASIA di KELOMPOK TANI BUMDES DESA SALO TIMUR KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44–46. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.1796