PENERAPAN STRATEGI PARTNER CORPORATE PADA PT. GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE DENPASAR

Authors

  • Ni Putu Arsita Suradnyani Putri Universitas Pendidikan Nasional
  • Bagus Gede Ari Rama Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17906

Keywords:

Strategi Partner Corporate, PT. Garuda Indonesia, Denpasar

Abstract

PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan BUMN yang bergerak pada bidang jasa angkutan udara. Melihat perkembangan bisnis maskapai penerbangan yang semakin pesat dan tentunya persaingan yang ada pun semakin ketat membuat maskapai Garuda Indonesia perlu meningkatkan strategi mereka dalam memasarkan produk mereka guna dapat bertahan di pasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan PT. Garuda Indonesia ialah partner corporate. Pokok permasalahan yang akan di bahas pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi partner corporate pada PT. Garuda Indonesia Branch Office Denpasar. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan serta peranan strategi partner corporate pada PT. Garuda Indonesia. Pada strategi partner corporate ini lembaga yang telah bergabung pada partner corporate akan mendapatkan beberapa keuntungan yaitu refund tiket akan lebih murah dibanding dengan penumpang dengan tiket reguler, selanjutnya penumpang dari partner corporate ini lebih di prioritaskan, untuk reschedule sendiri juga lebih dipermudah. Saat ini PT. Garuda Indonesia branch office Denpasar telah berhasil menerapkan strategi partner corporate ini pada lembaga pemerintahan Provinsi Bali. Yang dimana dengan diadakannya kegiatan ini dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk Lembaga Pemerintahan Provinsi Bali maupun untuk PT. Garuda Indonesia sendiri. Melihat banyak dampak positif yang diperoleh, diharapkan agar strategi ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan.  

References

Bisthomi, I., Saptono, H., & Suharto, R. (2016). Tinjauan Yuridis Perjanjian Publik Private Partnership (Ppp) Antara Pemerintah Dengan Swasta Dalam Penyedian Infrastruktur Dengan Skema Build Operate Transfer (Bot)(Studi Kasus Di Pt Pln (Persero). Diponegoro Law Journal, 5(2), 1-12.

Djabbari, Muhammad Hidayat. Public Private Partnership Dalam Pengembangan Pariwisata. Penerbit Lakeisha, 2023.

Jane, O. (2011). Analisis Potensi Partnership Sebagai Moda Untuk Meningkatkan Kapabilitas Inovasi Dan Teknologi. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).

Kurniasih, D. (2021). Public Private Partnership Dalam Kajian Administrasi Publik Perkembangan Konsep, Penerapan, Dan Penelitian Public Private Partnership Pada Sektor Publik.

Kurniawan, F., & Setyobudi, S. K. (2013). Klausula Tipping Fee Dalam Kontrak Kerjasama Pemerintah Dengan Swasta (Public-Private Partnership) Pengelolaan Persampahan. Adil: Jurnal Hukum, 4(1), 24-48.

Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. In Seminar Nasional Aptikom (Semnastikom), Hotel Lombok Raya Mataram (Pp. 833-837).

Mahsyar, A. (2015). Public Private Partnership: Kolaborasi Pemerintah Dan Swasta Dalam Pengelolaan Aset Publik Di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 12(1).

Rosa, S. A. S. (2020). Partnership Dalam Produktivitas Publikasi Hasil Penelitian Di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jurnal Administrasi Publik, 11(1).

Said, Achmad Lamo. Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Governance. Deepublish, 2018.

Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam. Media Syari'ah: Wahana Kajian Hukum Islam Dan Pranata Sosial, 14(2), 199-212.

Subagio, H., & Saputra, R. (2012). Pengaruh Perceived Service Quality, Perceived Value, Satisfaction Dan Image Terhadap Customer Loyalty (Studi Kasus Garuda Indonesia). Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 42-52.

Wardani, A. K. (2022). Strategi Pemasaran Pada Pt. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Branch Office Surabaya (Doctoral Dissertation, Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya).

Downloads

Published

2023-08-28

How to Cite

Putri, N. P. A. S., & Rama , B. G. A. . (2023). PENERAPAN STRATEGI PARTNER CORPORATE PADA PT. GARUDA INDONESIA BRANCH OFFICE DENPASAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6608–6613. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17906