PERANAN POJOK BACA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI MESJID AN- NUR DESA MULYA SUBUR, KECAMATAN PANGKALAN LESUNG

Authors

  • Zul Azmi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Alfi Diansyah Universitas Muhammadiyah Riau
  • Hasan Idris Universitas Muhammadiyah Riau
  • Yossi Dharma Universitas Muhammadiyah Riau
  • Zunaida Zunaida Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.17877

Keywords:

Literasi, Pojok baca, Membaca

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa melalui program pojok baca dirangkai dengan kegiatan pengajaran dan pembimbingan. Kegiatan pengabdian ini berlokasi di lingkungan Masjid An-Nur Desa Mulya Subur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Literasi dipandang sebagai kemampuan dasar individu yang harus dimilikinya untuk mengolah dan mencari informasi. Sarana pendukung untuk menunjang literasi adalah lingkungan yang kondusif dengan sarana pra sarana yang mendukung. Lingkungan literasi mendukung program yang mendorong pembiasaan literasi. Metoda yang dilakukan pada pengabdian ini adalah pengajaran dan pembimbingan siswa dan pembangunan dan penyiapan sarana prasarana pojok baca. Pojok baca dapat menjadi awal terbentuknya lingkungan literasi di lingkungan sekolah khususnya di lingkungan masyarakat. Menggunakan pendekatan pengajaran dan pembimbingan yang terskedul dengan teknik pengajaran yang partisipatif membuat siswa atau anak-anak usia sekolah antusias mengikuti agenda pada pojok baca tersebut. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat menanamkan kepada masyarakat untuk menciptakan dan meningkatkan budaya membaca dan kebiasaan berbagai hal yang berhubungan dengan gemar membaca. Hasil juga menunjukkan adanya peningkatan literaasi yang dilihat dari kemampuan siswa membaca Al qur’an, adanya peningkatan kemampuan siswa pada pengetahuan social, dan pengetahuan umum.

References

Apriani, D. (2009). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Ra Al Hidayah 2. 1–13.

Akbar, A. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1093

Aswat, H., & Nurmaya G, A. L. (2019). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Masyarakat Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak Di Ruang Publik. Jurnal Basicedu, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1. 302

Yuliani, W. (2018). Penelitian Metode Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. EJournal.Stkipsiliwangi.ac.id/, 2, 9. http://www.ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/q uanta/article/view/1641/911

Saiegh-Haddad, E., & Joshi, R. M. (2014). Handbook of Arabic Literacy: Insights and Perspectives. Springer Berlin Heidelberg. http://www.springer.com/series/7206

Seymour, P. H. K., Aro, M., & Erskine, J. M. (2003). Foundation literacy acquisition in European orthographies. British Journal of Psychology, 94, 143–174.

Downloads

Published

2023-09-20

How to Cite

Azmi, Z. ., Diansyah, A., Idris, H. ., Dharma, Y., & Zunaida, Z. (2023). PERANAN POJOK BACA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI MESJID AN- NUR DESA MULYA SUBUR, KECAMATAN PANGKALAN LESUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7597–7601. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.17877