PENINGKATAN KOMPETENSI PERANGKAT NAGARI KOTO BARU SIMALANGGANG MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Elvi Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Aimatul Yumna Universitas Negeri Padang
  • Deviani Deviani Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17807

Keywords:

Dana Desa, Siskeudes, Laporan Keuangan Desa

Abstract

Provinsi Sumatera Barat menggunakan istilah Nagari untuk menyebut desa, dimana nagari merupakan lembaga pemerintah dan sekaligus merupakan lembaga pemberdayaan masyarakat. Sebagai lembaga kesatuan masyarakat, nagari dituntut untuk mampu melaksanakan pemerintahan yang bersifat good governance. Sesuai UU No.6 tahun 2014, pemerintah desa memperoleh dana 10% dari total anggaran Pemerintah yang harus dikelola untuk program pengembangan desa. Untuk memastikan dana desa ini dimanfaatkan dengan baik, diperlukan suatu sistem pelaporan keuangan desa. Akan tetapi, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa perangkat nagari belum memiliki kompetensi yang belum memadai dalam mengelola dan melaporkan keuangan nagari secara baik dan akuntabel. Kegiatan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perangkat Nagari Koto Simalanggang untuk melakukan pencatatan laporan keuangan dana desa menggunakan aplikasi digital, terutama SISKEUDES. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023 bertempat di Kantor Wali Nagari Koto Baru Simalanggang  Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh dihadiri oleh semua perangkat Nagari dan kepala jorong. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 12 orang. Metode pelatihan yang diberikan berbentuk bimbingan terpadu, dimulai dengan melakukan pre-test terkait kemampuan peserta mengenai pengelolaan keuangan nagari, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi diselingi tanya jawab dan diskusi. Akhir pelatihan peserta melakukan post-test untuk mengukur peningkatan kompetensi peserta dalam memahami materi pelatihan yang diberikan. Setelah mendapatkan pelatihan dari kegiatan ini, dapat dilihat peningkatkan pemahaman dan ketrampilan perangkat Nagari secara signifikan. Hasil kegiatan PKM ini diharapkan dapat mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

References

Agustin, H., Arza, F. I., Mulyani, E., & Fitra, H. (2017). Potret Pertanggung Jawaban dan Pelaporan dan Keuangan Nagari di Kabupaten Pasaman Barat. Wahana Riset Akuntansi, 5(2), 1019-1028.

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021, November). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. In Forum Ekonomi (Vol. 23, No. 4, pp. 804-812).

Arza, F. I., Handayani, D. F., & Honesty, F. F. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan Aparatur Nagari Dalam Mengelola Keuangan Nagari di Kabupaten Padang Pariaman Melalui Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa. Wahana Riset Akuntansi, 7(2), 1513-1520.

Defitri, S. Y. (2018). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 3(1), 64-75.

Fontanella, A., & Chandra, N. (2017). Pengelolaan dan Penyusunan Laporan Keuangan Desa/Nagari. Akuntansi dan Manajemen, 12(1), 50-65.

Raharjo, M. M. I. (2021). Pengelolaan keuangan desa dan aset desa. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Rahmi, E. ., Yumna, A. ., & Deviani, D. (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI PERANGKAT NAGARI KOTO BARU SIMALANGGANG MELALUI PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS DIGITAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6322–6326. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17807