PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS PANDANARAN

Authors

  • Niyar Candra Agustin Universitas Pandanaran
  • Shintawati Dyah Purwaningrum Universitas Pandanaran
  • Ricka Prasdiantika Universitas Pandanaran
  • Puji Basuki Universitas Pandanaran
  • Sukaryo Sukaryo Universitas Pandanaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17743

Keywords:

Pelatihan, Penulisan, Artikel Ilmiah, Pendampingan Mahasiswa

Abstract

Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, dengan tujuan mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Pandanaran dapat menulis artikel ilmiah sebagai persiapan dalam pengerjaan penyelesaian tugas mandiri dan pembuatan laporan tugas akhir. Pengabdian dilaksanakan dalam waktu kurun satu bulan dengan agenda pelatihan penulisan artikel ilmiah (workshop) dan pendampngan penulisan artikel ilmiah. Sasaran dalam pengabdian ini yaitu mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Pandanaran. Pada pelaksanaan workshop peserta diberikan materi tentang artikel ilmiah bagaimana menentukan judul hingga menulis daftar pustaka, media publikasi, gaya selingkung. Kendala yang dihadapi dalam pengabdian ini berdasarkan dari pretest dan hasil analisa peserta belum pernah menyusun artikel ilmiah, sehingga pada saat pendampingan perlu dilakukan beberapa revisi artikel ilmiah yang dihasilkan. Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini berupa naiknya rerata pengetahuan peserta dalam menulis artikel ilmiah sebesar 32%.

References

Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah. (2014). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 1(1), 41-53.

Hasanah, D. S. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar se Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Pendidikan Pelatihan, 11(2), 90– 105.

Nurlia, N. (2021). Kajian Empiris Peran Pembimbing Sebagai Coach, Mentor Dan Konselor Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta dalam Menyusun dan Melaksanakan Aktualisasi (Studi Kasus Pada Pelatihan Dasar CPNS Di BPSDM Aceh). Jurnal Wacana Kinerja, 24(2), 36–60.

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib, 21(1), 41. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Agustin, N. C. ., Purwaningrum, S. D. ., Prasdiantika, R., Basuki, P. ., & Sukaryo, S. (2023). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS PANDANARAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6048–6052. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17743