STRATEGI PENGELOLAAN USAHA KECIL DI MASA PANDEMI COVID 19 DESA WAAI KABUPATEN MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1768Keywords:
Strategi, Pengelolaan, Usaha KecilAbstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah membawa dampak besar pada perekonomian Indonesia. Penurunan kinerja ekonomi sangat dirasakan oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di saat situasi ekonomi terpuruk akibat Virus Corona, pelaku UMKM harus benar- benar mengetahui keputusan apa yang harus dilakukan. Diperlukan strategi yang tepat demi keberlangsungan hidup UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku UMKM di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang pengelolaan usaha secara baik di saat Pandemic Covid-19, dengan mengembangkan strategi pemasaran melalui inovasi dan digital marketing, serta memiliki jiwa entrepreneurship yang tangguh sehingga pada akhirnya usaha kecil dapat bertahan di masa krisis. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan atau Ceramah yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan dan pembentukan motivasi diri dari pelaku UMKM melalui materi yang dipahami sehingga mitra menemukan strategi pengelolaan usaha yang tepat untuk tetap bertahan dan berkembang di masa pandemic Covid-19.References
Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd
Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.
Darwis Agustriyana et al. ( 2021)Bertahan Usaha pada UMKMdi tengah Pandemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksna Mengabdi Untik Negeri . hal 93-100
Hardilawati, W. L.(2019).The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–8
Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.
Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri ,( 48-54)
Tabroni dan Mamay (2021) Jurnal Riset Entrepreneurship e-ISSN: 2621-153X http://journal.umg.ac.id/index.php/jre JRE 4 (1) 2021, (49-57 )doi:10.30587/jre.v4i1.2217
Pakpahan, A.K.(2020).COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Winardi J (2003). Entrepreneur dan Entrepreneuship. Penerbit Kencana Prenada