STRATEGI PENGELOLAAN USAHA KECIL DI MASA PANDEMI COVID 19 DESA WAAI KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Novalien Carolina Lewaherilla Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura
  • Victor Ernest Huwae Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura
  • Agusthina Risambessy Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1768

Keywords:

Strategi, Pengelolaan, Usaha Kecil

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia telah membawa dampak besar pada perekonomian Indonesia. Penurunan kinerja ekonomi sangat dirasakan oleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Di saat situasi ekonomi terpuruk akibat Virus Corona, pelaku UMKM harus benar- benar mengetahui keputusan apa yang harus dilakukan. Diperlukan strategi yang tepat demi keberlangsungan hidup UMKM. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penguatan bagi pelaku UMKM di Desa Waai Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah tentang pengelolaan usaha secara baik di saat Pandemic Covid-19, dengan mengembangkan strategi pemasaran melalui inovasi dan digital marketing, serta memiliki jiwa entrepreneurship yang tangguh sehingga pada akhirnya usaha kecil dapat bertahan di masa krisis. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan atau Ceramah yang bertujuan meningkatkan pemahaman serta kesadaran para pelaku usaha. Hasil dari kegiatan ini adalah terserapnya pengetahuan dan pembentukan motivasi diri dari pelaku UMKM melalui materi yang dipahami sehingga mitra menemukan strategi pengelolaan usaha yang tepat untuk tetap bertahan dan berkembang di masa pandemic Covid-19.

Author Biographies

Novalien Carolina Lewaherilla, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Universitas Pattimura

Victor Ernest Huwae, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Universitas Pattimura

Agusthina Risambessy, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pattimura

Universitas Pattimura

References

Bessant, John., dan Joe Tidd. (2011). Innovation and Entrepreneurship. Second Edition. John Wiley & Sons, Ltd

Chakti, A. G. (2019). The Book Of Digital Marketing. Makasar: Celebes Media Perkasa. Pamungkas, B. A., dan Siti Z. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos Jombang). Jurnal Komunikasi, x(2), 145.

Darwis Agustriyana et al. ( 2021)Bertahan Usaha pada UMKMdi tengah Pandemic Covid 19, Jurnal Pengabdian Dharma Laksna Mengabdi Untik Negeri . hal 93-100

Hardilawati, W. L.(2019).The Role of Innovation and E-Commerce in Small Business.373,83–8

Kotler, Philip dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.

Narto, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak Di Tengah Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik . Jurnal INTECH Teknik Industri ,( 48-54)

Tabroni dan Mamay (2021) Jurnal Riset Entrepreneurship e-ISSN: 2621-153X http://journal.umg.ac.id/index.php/jre JRE 4 (1) 2021, (49-57 )doi:10.30587/jre.v4i1.2217

Pakpahan, A.K.(2020).COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Winardi J (2003). Entrepreneur dan Entrepreneuship. Penerbit Kencana Prenada

Downloads

Published

2021-06-15

How to Cite

Lewaherilla, N. C., Huwae, V. E., & Risambessy, A. (2021). STRATEGI PENGELOLAAN USAHA KECIL DI MASA PANDEMI COVID 19 DESA WAAI KABUPATEN MALUKU TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 338–342. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1768