PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL GUNA MENAMBAH PENGHASILAN PEMANGKU UMKM

Authors

  • I Dewa Made Yuda M Universitas dr Soebandi
  • Stivaniyanti Atmanegara Universitas dr Soebandi
  • M Habibullah Arief Universitas dr Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17676

Keywords:

Pemasaran Digital, Sosial Media Marketing, UMKM

Abstract

Di Lingkungan Desa Candijati, industri rumah tangga yang didominasi oleh UMKM mengalami kemajuan pesat. Kendati pandemi perlahan mereda dan situasi semakin stabil, bisnis UMKM ini tetap memberikan dampak positif yang menggembirakan. Kesuksesan wirausaha bergantung pada kemampuan mereka untuk mencapai keuntungan maksimal dari produk-produk yang dihasilkan. Untuk mencapai hal tersebut, mereka menyadari bahwa mengikuti perkembangan era 4.0 yang fokus pada digitalisasi, terutama dalam hal pemasaran melalui media sosial, menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. menggunakan media sosial menjadi salah satu sarana pemasaran yang tepat guna dan hemat biaya namun simpel, dan untuk mengurangi biaya promosi produk, para pelaku bisnis UMKM perlu memiliki pemahaman dan keahlian dalam sosial media marketing. Tujuan utama dari kegiatan pengabmas tersebut yaitu untuk menambah wawasan dan pengertian terkait manfaat sosial media marketing dalam menambah pendapatan para pemangku bisnis, terutama UMKM yang beroperasi di Lingkungan Desa Candijati. Tahapan pengabdian ini akan mencakup langkah-langkah seperti memberikan pemahaman tentang pentingnya menerapkan digitalisasi dalam upaya pemasaran, mengenalkan konsep sosial media marketing, dan memberikan pelatihan praktis dalam penggunaan media sosial untuk keperluan pemasaran dan promosi. Diharapkan melalui pendekatan ini, para pelaku bisnis UMKM dapat mencapai hasil yang optimal dari setiap produk dan usaha mereka melalui pemasaran yang efisien di era digital saat ini.

References

Apriliah, Ardiansyah, Ernawati, T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. 16–22.

Dewi, Ningrum, H. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences.

Fauzi, Aisyah, Susilawati, Sofyan, R. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 137–142.

Oktavianto, Habibie, Hadiyatullah, A. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 2, 88–92.

Pungkasanti, Wakhidah, H. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Rachmadi, A. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. J. Pengabdi. Kpd. Masy.

Sapto Adi, Triono, Supanto, S. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. : : Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 358–371. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Susanti. (2020). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA SAYANG KECAMATAN JATINANGOR. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Wardani, Rakhmawati, Dianastiti, S. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6–13.

Widia. (2021). Diseminasi Penggunaan Sosial Media dalam Perluasan Sebaran Pemasaran pada Produk UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 99–114.

Downloads

Published

2023-08-11

How to Cite

M, I. D. M. Y. ., Atmanegara, S. ., & Arief, M. H. . (2023). PEMANFAATAN PEMASARAN DIGITAL MELALUI PLATFORM MEDIA SOSIAL GUNA MENAMBAH PENGHASILAN PEMANGKU UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5963–5967. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17676