PENINGKATAN SELF EFICACY DAN HARGA DIRI PADA LANSIA MELALUI KETERAMPILAN ECOPRINT

Authors

  • Yunia Mulyani Azis STIE Ekuitas
  • Aneu Kuraesin STIE Ekuitas
  • Sussy Susanti STIE Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.1756

Keywords:

Lansia, Self Eficacy, Harga Diri, Ecoprint

Abstract

Memasuki usia lansia biasanya seseorang akan menghadapi berbagai masalah dalam kesehatannya, baik itu kesehatan fisik maupun psikis. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa lansia sangat rentan psikisnya dalam menghadapi kenyataan bahwa kemampuan mereka tidak seperti masa mudanya. Rendah diri, minder, merasa tidak berguna, kesepian adalah hal yang seringkali dirasakan oleh para lansia hingga menyebabkan depresi. Diperlukan upaya dari keluarga dan lingkungan untuk mengatasi agar lansia tidak depresi, salah satunya adalah memberikan alternatif kegiatan yang dapat dilakukan bersama-sama dan dapat menghasilkan suatu karya yang dapat dibanggakan. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan self eficacy dan harga diri lansia, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan ecoprint. Metode yang diberikan terdiri dari (1) persiapan pelatihan, (2) pendataan bahan, (3) wawasan teknik ecoprint, (4) pelaksanaan pelatihan, dan (5) monitoring evaluasi. Wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa self eficacy dan harga diri mitra meningkat setelah selesai pelatihan. Setelah dilakukan monev maka kesimpulan dari pengabdian ini adalah (1) lansia merasa bersemangat menjalani hari karena mempunyai kegiatan, (2) bangga dapat membuat suatu karya yang dapat diperlihatkan kepada khalayak, (3) antusias dalam membuat rencana ke depan berkaitan dengan peningkatan kemampuan dan pengetahuan tentang ecoprint. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka upaya untuk meningkatan self eficacy dan harga diri pada lansia sangatlah diperlukan, karena dapat membangkitkan kembali rasa dihargai sehingga secara langsung dapat mempengaruhi kualitas hidupnya.

Author Biographies

Yunia Mulyani Azis, STIE Ekuitas

Program Studi Manajemen, STIE EKuitas

Aneu Kuraesin, STIE Ekuitas

Program Studi Akuntansi, STIE EKuitas

Sussy Susanti, STIE Ekuitas

Program Studi Manajemen, STIE EKuitas

References

Andini, S. (2013). Hubungan antara berpikir positif dengan harga diri pada lansia yang tinggal di panti jompo di Bali.: Fakultas Psikologi Universitas Udayana (1)

Azizah, N. A & Rahayu, S.A. (2016). Hubungan Self Esteem Dengan Tingkat Kecenderungan Kesepian Pada Lansia. Jurnal Penelitian Psikologi,07(02),40-58.

Bastaman, H.D. (2007). Logoterapi : Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta.Rajawali Pers.

Husna, F. (2016). Eksplorasi Teknik Eco Dyeing Dengan Tanaman Sebagai Pewarna Alam. E-Proceeding Of Art & Design, 3(2), 280.

Narullita, D. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Diri Rendah Lansia Di Kabupaten Bungo. Jurnal Endurance 2(3) ,354-361, Kopertis Wilayah X,354.

Silitonga, A.N, Satiadarma, Monty P, Risnawaty. W. (2017). Penerapan Hortikultura Terapi Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Pada Lansia. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni. 1(2),399-405.

Syam’ani.(2013). Studi Fenomenologi Tentang Pengalaman Dalam Menghadapi Perubahan Konsep Diri: Harga Diri Rendah Pada Lansia Di Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Jurnal Keperawatan Jiwa . 1(1), 60-69.

Pressinawangi, N.K.P, Widiawati & Dian. (2008). Eksplorasi Teknik Ecoprint Dengan Menggunakan Limbah Besi Dan Pewarna Alami Untuk Produk Fashion. Jurnal.

Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, No.1.

Rochmawati, D.H & Febriana, B.(2017).Efektifitas Logo-terapi Dalam Meningkatkan Konsep Diri Dan Kemampuan Memaknai Hidup Pada Lansia. Jurnal Perawat Indonesia, 1 (1), 26-31.

Undang-undang No. 13. Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. www.bphn.go.id

Yudhistira, V.K & Indati, A.(2014).Kecemasan menghadapi masa pensiun pada

Pegawai Negeri Sipil Daerah Istimewa Yogyakarta ditinjau dari penerimaan dirinya. Skripsi. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Downloads

Published

2021-10-04 — Updated on 2022-07-25

Versions

How to Cite

Azis, Y. M., Kuraesin, A., & Susanti, S. (2022). PENINGKATAN SELF EFICACY DAN HARGA DIRI PADA LANSIA MELALUI KETERAMPILAN ECOPRINT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 538–543. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.1756 (Original work published October 4, 2021)