PERBAIKAN PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT) MELALUI FUN EDUCATION PROGGRAME PADA SISWA SEKOLAH DASAR DESA TLOGOHAJI

Authors

  • Ardana Putri Farahdiansari Universitas Bojonegoro
  • Ahmad Arfandi Universitas Bojonegoro
  • Peppy Nala Ratih Universitas Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17518

Keywords:

PHBS, Sekolah, Pendampingan, Kebersihan, Kesehatan

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat atau disebut PHBS merupakan Gerakan Kementrian Kesehatan untuk menciptakan pembiasaan perilaku baik dalam kebersihan dan kesehatan masyarakat. Dalam penerapannya, seringkali masyarakat masih abai untuk menjadikannya kebiasaan sehari-hari, terutama pembiasaan yang harus dimulai sejak usia anak-anak. Pengabdian masyarakat ini mengambil analisis dan pendampingan PHBS pada siswa sekolah di desa Tlogohaji kecamatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Mengingat desa ini pernah mengalami peristiwa kekurangan air, menjadikan PHBS kurang mendapat porsi penting dalam keseharian. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui perilaku siswa sekolah khususnya kelas V dan VI di desa Tlogohaji dalam PHBS dalam bentuk survey dan observasi, sehingga dapat diketahui mana saja indikator PHBS yang sulit untuk diterapkan dan dapat dicarikan alternatif solusinya. Dengan menemukan pendampingan kegiatan PHBS dan penyediaan bantuan fasilitas yang tepat diharapkan dapat memperbaiki PHBS siswa sekolah di desa Tlogohaji, dan diharapkan ke depannya PHBS anak-anak akan terbentuk sampai mereka dewasa nantinya. Capaian kegiatan yang diharapkan adalah terjadinya peningkatan PHBS pada siswa sekolah desa Tlogohaji dan terbentuknya pembiasaan PHBS sejak dini yang akan terbawa sampai dewasa nantinya.

References

Cahyaningrum, R. Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) terhadap Kebersihan Pribadi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Kraton Yogyakarta Tahun 2015/2016. (2016). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penjas. Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Harahap, D. K., dkk. (2022). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Rumah Tahfidz Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2 (10), 3193-3200

Julianti R., Nasirun M., Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia. 3 (1), 11-17.

Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Hidup Bersih dan Sehat.

Mustar Y.S., Susanto, I.H., Bakti A.P., (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosisal dan Pendidikan 2 (2) 89-95.

Nurhidayah I., Asifah L., Rosidin U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science 13 (1) 61-71.

Puspita Sari W., Surahman M., Perdana R. (2022). Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama 8 (2).

Rudyarti E., Ningsih E. S. B., Dewi R. P. (2019). Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Terhadap Sikap Kebersihan Diri pada Remaja Di Yayasan Lentera Harapan Karawang. Jurnal Ilmiah Kesehatan Institut Medika 1 (1)

Sari, W. P., Surahman M., Abdullah, R. P. Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (2022). Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8 (2), 592-600

Sugiritama, I., Wiryawan, I., Ratnayanthi, I., Arijana, I., Linawati, N., & Wahyuniari, I. (2021). Pengembangan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah Melalui Metode Penyuluhan. Buletin Udayana Mengabdi, 20(1), 64-70

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Farahdiansari, A. P., Arfandi, A. ., & Ratih, P. N. . (2023). PERBAIKAN PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT) MELALUI FUN EDUCATION PROGGRAME PADA SISWA SEKOLAH DASAR DESA TLOGOHAJI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6317–6321. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17518

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.