EDUKASI DAN PRAKTIK PEMANFAATAN MEDIA INTERNET UNTUK MASYARAKAT BANYUMAS DI KELURAHAN PURWOKERTO KULON

Authors

  • Muhammad Hery Santoso STMIK Widya Utama
  • Muhammad Akbar Setiawan STMIK Widya Utama
  • Singgih Briandoko STMIK Widya Utama
  • Ika Indah Lestari STMIK Widya Utama
  • Herni Utami Rahmawati STIE Satria

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17459

Keywords:

Edukasi, Internet, PKK, Penggunaan Komputer, Kelurahan Purwokerto Kulon

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat adalah salah satu program wajib yang dilakukan oleh seorang dosen untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui kegiatan tersebut seorang dosen dapat membantu memecahkan persoalan yang sedang dihadapi oleh msyarakat. Pada kegiatan pegabdian kali ini salah satu masalah yang ditemukan saat melakukan observasi oleh tim pengabdian adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan komputer dan internet oleh sebagian masyarakat Banyumas yaitu anggota PKK dan sebagian remaja di Kelurahan Purwokerto Kulon, selain itu perlunya mengedukasi cara memanfaatkan dan menggunakan media  internet untuk berbagai keperluan termasuk mencari informasi sesuai keperluan msing-masing pengguna serta mendapatkan pengetahuan tentang beretika dan memahami konsep umum agar bijak dalam menggunakan internet sehingga dampak yang ditimbulkan oleh teknologi internet tidak berakibat negatif bagi penggunannya.

References

Tamsuri, A. (2021). Literatur review penggunaan metode Kirkpatrick untuk evaluasi peltihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723-2734.

Pribadi, S. (2016). Kegiatan Workshop Dengan Metode Kolaboratif Dan Konsultatif Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menetapkan Kkm. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 3(1), 16-30.

Margono, S. (2000). Memantapkan Posisi dan Meningkatkan Peran Penyuluhan Pembangunan dalam Pembangunan. Pustaka Wira Usaha Muda.

Subejo. (2010). Penyuluhan Pertanian Terjemahan Dari Agriculture (2 ed.). Extention.

Saleh, S., Nasution, T., & Harahap, P. (2020). Pendidikan Luar Sekolah. K-Media.

Downloads

Published

2023-08-05

How to Cite

Santoso, M. H. ., Setiawan, M. A. ., Briandoko, S. ., Lestari, I. I. ., & Rahmawati, H. U. . (2023). EDUKASI DAN PRAKTIK PEMANFAATAN MEDIA INTERNET UNTUK MASYARAKAT BANYUMAS DI KELURAHAN PURWOKERTO KULON . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5692–5696. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17459