PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK–ANAK SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI WEST PRIVATE COURSE

Authors

  • Rohdearni Waty Sipayung Universitas Simalungun
  • Tiodora Silalahi Universitas Simalungun
  • Marhaeni K.D Matondang Universitas Simalungun
  • Benarita Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1739

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, West Private Course

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan pemahaman bahasa Inggris Anak- anak Sekolah Menengah Pertama yang ada di WEST PRIVATE COURSE kecamatan Siantar Marihat Pematangsiantar. Adapun masalah yang ditemukan adalah masalah pengetahuan tentang utterances dan pelafalan (pronunciation)yang tidak sesuai menurut aturan yang baik dan benar kemudian kurangnya kemampuan anak- anak yang merupakan peserta yang mengikuti Kursus bahasa Inggris di tempat tersebut, masalah berikutnya adalah siswa siswa sekolah menegah pertama tersebut juga memiliki ketidakmampuan dalam berbicara akibat kosakata yang minim dan mengakibatkan keenganan dalam berkomunikasi secara fasih dan lancer, peserta terdiri dari 25 peserta.Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan dengan cara ceramah, praktek/demonstrasi dan latihan yang disertai dengan tanya jawab dalam Bahasa Inggris. Kegiatan ini didukung oleh antusisas peserta,tentor dan manager dari Kursus tersebut. Diharapkan nantinya Pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar. Dengan mengadakan Kegiatan kegiatan yang bermamfaat seperti ini kiranya membantu meningkatkankan prestasi dan kemampuan anak anak dan juga lingkungan sekitar lainnya.

Author Biographies

Rohdearni Waty Sipayung, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun

Tiodora Silalahi, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun

Marhaeni K.D Matondang, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun

Benarita Purba, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun

References

Ades, Sanjaya. 2011. Model model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Brookhart, S.M. & Nitko, A.J. (2014). Educational assessment of students. Pearson Higher Ed.

Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia: Bogor.

Kurniasih dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Slavin, R. E. (2006). Educational psychology: Theory and practice (8th ed.). Boston, MA: Pearson

Sohimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Sipayung, R. W., Silalahi, T., Matondang, M. K., & Purba, B. (2021). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BAGI ANAK–ANAK SEKOLAH MENEGAH PERTAMA DI WEST PRIVATE COURSE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 298–300. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1739