PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN CAMTASIA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DI SMK ROBBI RODLIYYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1737Keywords:
Multimedia, Pembuatan Video, CamtasiaAbstract
Menuangkan informasi melalui media video saat ini sudah sangat biasa digunakan. Video dianggap lebih interaktif dan menarik dalam upaya penyampaian informasi. Dalam dunia pendidikan konten video sudah mulai digunakan, baik oleh guru atau siswa. Penggunaan media video dalam proses pembelajaran diharapkan dapat membuat materi belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dipahami oleh siswa. Kemampuan siswa multimedia SMK Robbi Rodliya Semarang dalam pemanfaatan teknologi untuk pembuatan video masih kurang maksimal. Selain itu pola pendidikan yang diajarkan selama ini belum mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Oleh karena itu, pengabdian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kreatifitas siswa multimedia SMK Robbi Rodliya dalam penggunaan media video untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Dengan pengabdian ini diharapkan mahasiwa dapat menambah wawasan tentang pembuatan video dengan menggunakan software Camtasia. Metode yang digunakan pada kegiatan ini meliputi pendampingan pelatihan pembuatan video menggunakan Camtasia yang terdiri dari empat aktivitas yaitu perencanaan, analisis, implementasi dan evaluasi. Luaran dari pengabdian ini berupa (3) teknologi tepat guna; dan (4) jasa. Hasil pengabdian ini mampu membantu meningkatkan kemampuan siswa multimedia SMK Robbi Rodliya dalam pembuatan video dengan menggunakan software Camtasia. Selain itu dengan adanya pelatihan ini akan sangat membantu para siswa multimedia SMK Robbi Rodliya mengembangkan pembuatan konten digital terutama dalam proses pembelajaran.References
Brennan, K., & Resnick, M. (2012). New frameworks for studying and assessing the development of computational thinking. AERA.
Bundy, A. (2004). Australian and New Zealand Information Framework: Principles, Standards. Australian and New Zealand Institute for Information Literacy (ANZIIL).
Edukasi, T. (2019, october 8). Pentingnya Mengajarkan Computational Thinking di Sekolah Indonesia.
M. Wing, J. (2014). Computational Thinking. ACM.
Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi.
Zhang, L. C., & Nouri, J. (2019). A systematic review of learning computational thinking through Scratch in K-9. Elsevier.