PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO MENGGUNAKAN KINEMASTER DI SMK ROBBI RODLIYYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1736Keywords:
Multimedia, Pembuatan Video, KinemasterAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, pengembangan konten video sebagai sebuah bidang pekerjaan menjadi salah satu bidang yang memiliki potensi dalam menyerap tenaga kerja yang belum teralokasikan. Setiap bidang kerja tentunya memerlukan kompetensi yang sesuai dengan bidang yang dituju. Untuk mendukung bidang kerja pengembangan konten video tentunya diperlukan pelatihan dalam pembuatan konten video. SMK Robbi Rodliyya merupakan sekolah yang berfokuskan pada bidang multimedia. Bidang yang menjadi fokus pada SMK ini adalah media gambar dimana siswa mendapatkan pengajaran untuk membuat brosur, banner, dan lainnya menggunakan perangkat lunak pengolahan gambar. Hal ini menyebabkan ketika industri berkembang pada bidang konten video kesulitan dalam penyesuaian kemampuan siswa dalam memenuhi tuntutan perkembangan industri, sehingga perlu dilakukan eksplorasi dan pengembangan wawasan pada bidang pembuatan konten video. Metode yang digunakan pada kegiatan ini meliputi pendampingan pelatihan pembuatan video menggunakan Kinemaster yang terdiri dari empat aktivitas yaitu perencanaan, analisis, implementasi dan evaluasi. Luaran dari pengabdian ini berupa (3) teknologi tepat guna; dan (2) jasa. Hasil pengabdian ini mampu membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembuatan video dengan menggunakan software Kinemaster. Selain itu dengan adanya pelatihan ini akan sangat membantu para siswa mengembangkan pembuatan konten digital terutama dalam proses pembelajaran.References
Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-bakinde, N. T., & Olawoyin, L. A. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes : A systematic review. Heliyon, 6(February), e05312. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312
Febriyantoro, M. T. (2020). Exploring YouTube Marketing Communication: Brand awareness, brand image and purchase intention in the millennial generation. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1787733
Mustofa, M., & Sari, A. S. (2020). Video subtitle to teach listening skill of junior high school students. JEES (Journal of English Educators Society), 5(2), 149–153. https://doi.org/10.21070/jees.v5i2.874