PENGEMBANGAN KREATIVITAS MENGAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) BAGI GURU-GURU EKKLESIA PRIVATE ENGLISH COURSE

Authors

  • Anita Purba Universitas Simalungun
  • Mardin Silalahi Universitas Simalungun
  • Semaria Eva Elita Girsang Universitas Simalungun
  • Natanael Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1727

Keywords:

HOTS, , Kreativitas, Pelatihan, Guru-Guru

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kreativitas mengajar dan mengenal pentingnya HOTS, pemahaman mengenai TIPS, panduan/langkah menyusun serta menghasilkan produk berupa soal-soal HOTS pada guru-guru Ekkelsia Private English Course. Adapun Masalah yang ditemukan ditengah masyarakat sampai saat ini masih tingginya kebutuhan siswa disekola sehingga ini adalah kesempatan untuk mengeskplor kemampuan kreativitas guru-guru Ekklesia Private English Course dengan mencoba melatihkan mereka kemampuan berpikir cara HOTS yaitu berpikir tingkat tinggi yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang studi. Untuk mencapai tujuan tersebut dilaksanakan pelatihan dengan metode ceramah dan diskusi kepada seluruh peserta sebanyak 25 orang dan selama dua hari. Hasil dari pelatihan ini para guru mendapat masukan dan pengetahuan baru dapat menambah wawasan dalam kreativitas mengajar dan mereka berjanji akan selalu menggunakan HOTS dalam pembuatan soal-soal.

Author Biographies

Anita Purba, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Mardin Silalahi, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Semaria Eva Elita Girsang, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

Natanael Saragih, Universitas Simalungun

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Simalungun

References

Arini Ulfah Hidayati, 2017, Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam pembelajaran Matematika Pada siswa Sekolah Dasar, Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 2 Oktober 2017

Anita purba, dkk, 2021, Pengajar Profesional: Teori dan Konsep, Yayasan Kita Menulis, 2021

Nur Choerun Nisa, Nadiroh, Eko Siswono, 2009, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).Tentang Lingkungan Berdasarkan latar Belakang Akademik siswa, http:/Doi.org/10.2009/Plpb. 192.01

Dian Kurniati, Romi Harimukti I, Nur Asiyah Jamil, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember Dalam Menyelesaikan Soal Berstandard Pisa, Jurnal Penelitian dan

Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (142 – 155)

http://www.bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/1764

Downloads

Published

2021-06-01

How to Cite

Purba, A., Silalahi, M., Girsang, S. E. E., & Saragih, N. (2021). PENGEMBANGAN KREATIVITAS MENGAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) BAGI GURU-GURU EKKLESIA PRIVATE ENGLISH COURSE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 293–297. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1727