PENYULUHAN EKSEKUSI PERADILAN TATA USAHA NEGARA DAN PENERAPAN EKSEKUSI UANG PAKSA

Authors

  • Dezonda R Pattipawae Universitas Pattimura
  • Hendry J Piris Universitas Pattimura
  • Natanel Lainsamputty Universitas Pattimura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17256

Keywords:

Penerapan Putusan, Uang Paksa, Sanksi Administrasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Penyuluhan Eksekusi Peradilan Tata Usaha Negara Dan Penerapan Eksekusi Uang Paksa” bertujuan untuk : (1). Mengimplementasikan hasil penelitian terdahulu dengan permasalahan mengenai Pembayaran Uang Paksa dan Sanski Administrasi Terhadap  Pejabat Tata Usaha Negara yang tidak Patuh terhadap Putusan Tata Usaha Negara, (2). Sebagai bentuk edukasi dan peningkatan pemahaman hukum khususnya di bidang Hukum Acara Tata Usaha Negara dan Praktek Peradilan  bagi masyarakat di Negeri Suli, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah yang minim akan pendidikan hukum Hukum Acara Tata Usaha Negara dan Praktek Peradilan  ini menggunakan metode pelaksanaan berupa kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan secara panel oleh pemateri yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab antara masyarakat dengan pemateri.

References

Paulus Effendi Lotulung, Hukum Tata Usaha Negara dan Kekuasaan, Salemba Humanika, Jakarta, 2013.

Soemaryo, Tuntunan Praktek Beracara Di Peradilan Tata Usaha Negara, Primamedia Pustaka, Jakarta, 1999.

Supandi, Kepatuhan Pejabat Dalam Mentaati Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara, Medan, Disertasi Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan, 2005.

--------, Ganti Rugi Akibat Tindakan Pejabat Pemerintah Dalam RUU Administrasi Pemerintahan Dan Prospek Peradilan Tata Usaha Negara, Sofemdia, Medan, 2022.

Titik Triwulan T, Hukum Tata Usaha Negara Dan Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara Indonesia, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta, 2011.

Wicipto Setiadi, Hukum Acara Pengadilan Tata Usaha Negara, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2004.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Pattipawae, D. R., Piris , H. J. ., & Lainsamputty, N. . (2023). PENYULUHAN EKSEKUSI PERADILAN TATA USAHA NEGARA DAN PENERAPAN EKSEKUSI UANG PAKSA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6851–6857. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17256