SELF HYPNOSIS UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA SEBELUM UJIAN

Authors

  • Eko Mulyadi Universitas Wiraraja
  • Rasyidah Rasyidah Universitas Wiraraja
  • Sri Sumarni Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17142

Keywords:

Self Hypnosis, Kecemasan Siswa, Ujian

Abstract

Latar belakang: setiap siswa yang akan menghadapi ujian akhir, sebagian besar mengalami kecemasan bahkan ada yang mengalami kecemasan tingkat berat. SMA Muhammadiyah 1 Sumenep adalah salah satu Sekolah Menengah Atas Swasta di Kabupaten Sumenep. Hal yang ditemukan di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep adalah kecemasan siswa saat menghadapi ujian, khususnya ujian nasional. inNamun, hgga saat ini belum ada pelatihan seminar untuk mengatasi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian sekolah. Tujuan: mengidentifikasi tingkat stres, kecemasan, dan depresi siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 1 Sumenep dalam persiapan menghadapi ujian akhir kelulusan, dan juga menerapkan self hypnosis untuk mengatasi rasa cemas, stress dan depresi tersebut menggunakan metode lima jari. Metode: metode ceramah untuk mengajarkan kepada siswa konsep stress, adaptasi dan manajemen stress serta memberikan tutor hypnosis lima jari untuk mengurangi kecemasan siswa selama 1 jam dan kemudian diberikan waktu 1 jam untuk melakukan secara mandiri. Hasil: Sebelum dilakukan self hypnosis, sebagian siswa memiliki tingkat stress normal, tingkat kecemasan normal, dan tidak depresi. Sedangkan 15 (33,3%) siswa dengan stres ringan dan 7 (15,6%) siswa dengan tingkat stress sedang. Sebanyak 16 siswa (35,6%) dengan kecemasan ringan, 2 siswa (4,4%) dengan kecemasan sedang, 2 siswa (4,4%) dengan kecemasan berat, sebanyak 6 siswa (13,4%) dengan depresi ringan, 2 siswa (4,4%) dengan depresi sedang. Setelah dilakukan self hypnosis, hampir seluruhnya yaitu 41 siswa (91,1%) dengan tingkat stress yang normal, tingkat kecemasan yang normal, dan tidak depresi. Sedangkan tingkat kecemasan berat berkurang menjadi 1 siswa (2,2%), dan hanya 4 siswa (6,7%) dengan depresi ringan.

References

Alfaiz, A., Juliawati, D., Yandri, H., & Ayumi, R. T. (2019). Efektivitas Relaksasi Teknik Meditasi untuk Membantu Siswa Mengatasi Stres sebelum Menghadapi Ujian Nasional. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.151

Apriliana, I. P. A. (2018). Tingkat kecemasan siswa SMK menghadapi ujian nasional berbasis komputer tahun 2018. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 37. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.2341

Ardianty, S., & Safitri, A. D. R. (2019). Seminar hypnomotivasi belajar menghadapi ujian akhir semester sma plus negeri 2 banyuasin iii. 2, 71–78.

Aseta, P., & Trisnowati, T. (2022). Pengaruh Self Hypnosis Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Akhir Menghadapi UKOM Exit Exam. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 10(1), 27–34.

Baktiyar, K., Hasanah, U., & Nursetiawati, S. (2016). Perbedaan Manajemen Stres pada Remaja dengan Kepribadian Introvert dan Ekstrovert di SMAN 68 Jakarta. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 3(1), 1–6. https://doi.org/10.21009/jkkp.031.01

Darma Sagita, D., & Rhamadona, W. (2021). Perbedaan Stres Akademik antara Mahasiswa Tahun Awal dan Mahasiswa Tahun Akhir. Biblio Couns?: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 47–54. https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/biblio

Fajariyah, N., & Nasional, U. (2022). LATIHAN HIPNOTIS LIMA JARI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA SISWA YANG AKAN MENJALANI UJIAN DI SMAN-1 DRAMAGA BOGOR. 39–50.

Juhaeriah, J., Tajulfikri, M., & Apriany, D. (2018). Pengaruh terapi hipnosis lima jari terhadap kecemasan pada anak usia sekolah kelas v ( lima ) di SDN Melong mandiri. Pin-Litamas, 2(1), 124–134. http://ejournal.stikesjayc.id/index.php/PLT/article/view/24

Marsidi, S. R. (2021). Identification of Stress, Anxiety, and Depression Levels of Students in Preparation for the Exit Exam Competency Test. Journal of Vocational Health Studies, 5(2), 87. https://doi.org/10.20473/jvhs.v5.i2.2021.87-93

Maulita, N. (2022). Abdi dosen. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 352–356.

Maya Nurul Khoiriyah. (2018). pengaruh terapi hipnosis lima jari terhadap tingkat kecemasan siswa kelas xii sebelum menghadapi ujian nasional (un) di sma negeri 8 surakarta. Repositori Universitas Aisyiyah Surakarta, 1(1), 1. http://eprints.aiska-university.ac.id/

Murdhiono, W. R., & Wiyani, C. (2019). Manajemen Stres Sebagai Upaya Mengelola Stres Siswa Smp Negeri 2 Ngemplak Sleman Yogyakarta. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 1(2), 464–468.

Rahmat, A. S. (2019). Efektifitas Modified Self Hypnosis Pada Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Tugas Akhir dan Studi Kasus. Jurnal Ilmiah Kesehatan Medika Drg. Suherman, 1(1). https://jurnal.medikasuherman.ac.id/imds/index.php/kesehatan/article/view/83

Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p20

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Mulyadi, E. ., Rasyidah, R., & Sumarni, S. . (2023). SELF HYPNOSIS UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA SEBELUM UJIAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6085–6089. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17142