PELATIHAN MAHIR MENGETIK TULISAN ARAB BAGI MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Authors

  • Yayah Robiatul Adawiyah Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Khoirun Nisa’ Universitas Nurul Jadid
  • Rika Agustin Universitas Nurul Jadid
  • Sri Wahyuni Universitas Nurul Jadid
  • Hajar Rosdiana Universitas Nurul Jadid
  • Nurul Latifah Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1706

Keywords:

Pelatihan, Mahir, Mengetik Tulisan Arab

Abstract

Pelatihan adalah suatu proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur-prosedur yang sistimatis dan terorganisir, sehingga karyawan belajar mengenai pengetahuan teknik dan keahlian untuk tujuan tertentu. Mengetik bahasa arab merupakan suatu kegiatan yang sangat penting terutama bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa arab maupun sastra arab, Mengetik tulisan Arab merupakan salah satu bentuk keterampilan yang diharapkan dari pembelajaran bahasa Arab. Bahasa Arab sebagai bahasa asing, maka tidak mustahil bagi seseorang akan menemui kesulitan dalam mempelajarinya dan kesalahan dalam menulisnya. Universitas Nurul Jadid memiliki mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang sudah sangat banyak akan tetapi mereka masih lemah bahkan tidak bisa mengetik Arab dengan lancar dan benar. Dalam memperoleh mahasiswa yang terampil dan mahir dalam mengetik huruf-huruf Arab baik melalui laptop ataupun komputer maka selaku dosen pendidikan bahasa arab harus mengadakan pelaksanaan pelatihan dengan tujuan membantu mahasiswa agar lebih mahir dalam mengetik tulisan arab pada laptop/komputer. Adapun metode yang kami gunakan dengan melalui 2 tahapan: pertama; persiapan dan kedua; pelaksanaan pelatihan. Setelah melakukan pelatihan terhadap mahasiswa baru prodi PBA Universitas Nurul Jadid maka, hasil pengabdian yang dilakukan selama 2 hari dilihat dari hasil evaluasi menunjukkan adanya perkembangan yang sangat pesat dari sebelumnya, dari sini pengabdian kepada masyarakat ini dinyatakan berhasil dan sukses.

Author Biographies

Yayah Robiatul Adawiyah, Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Khoirun Nisa’, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Rika Agustin, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Sri Wahyuni, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Hajar Rosdiana, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

Nurul Latifah, Universitas Nurul Jadid

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid

References

Andriani, A. (2015). Urgensi Pembelajaran Bahasa. TaÂ’allum, 3(1): 12-24.

NOR FITRIANI, W. A. R. D. A (2015). Pengembangan Media Visual Flashcard Materi Pokok Kosa Kata Benda- benda dui ruang makan Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas II MI Nurul Ulum Sidorejo Kebonsari Madiun. Jurnal Mahasiswa teknologi Pendidikan, 6(2): 17-22.

Rianggoro, Krisna. 2003. Marilah Belajar Mengetik. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Rizqi, K. (2013) Penggunaan Kartu Gambar dalam meningkatkan kemampuan pelafalan Mufrodat Bahasa Arab pada siswa Tunarungudi SDLB Negeri Ungaran Tahun 2012/2013 (Doctoral dissertation, UniversitasNegeri Semarang).

Setyaningsih, Lina Hartini. 2014. Peningkatan Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Berbantu Media Typing Master Pada Siswa Kelas X AP SMK Muhammadiyah 01 Pati. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam No. 3091 tahun 2020 Tentang paradigma Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2020.

Yaqin dkk. (2020). Pendampingan Komunitas Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Al-Mufrodat melalui Media Flash Card di Lembaga Pendidikan Bahasa Arab (LPBA) Al-Qodiri Jember. GUYUB: Journal of Community Engagement 1(3): 167-178

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

Adawiyah, Y. R., Nisa’, K., Agustin, R., Wahyuni, S., Rosdiana, H., & Latifah, N. (2021). PELATIHAN MAHIR MENGETIK TULISAN ARAB BAGI MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 282–287. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1706