PEMBINAAN MASYARAKAT NAGARI KOTO LAWEH MELALUI EDUKASI INOVASI TEKNOLOGI

Authors

  • Esi Sriyanti Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Siska Yulia Defitri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Afni Yeni Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Juita Sukraini Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Rita Dwi Putri Universitas Mahaputra Muhammad Yamin
  • Witra Maison Universitas Mahaputra Muhammad Yamin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17043

Keywords:

Pembinaan Masyarakat, Inovasi Teknologi, Pemulihan Ekonomi, Produktifitas Masyarakat

Abstract

Pemerintah memiliki peran penting dalam mensejahterakan masyarakat termasuk masyarakat Nagari, salah satu cara dengan menfasilitasi lembaga tinggi dengan masyarakatnya dalam melakukan pembinaan agar dapat merubah pola pikir masyarakat untuk bisa berinovasi dalam merubah kehidupan yang lebih baik. Inovasi yang banyak menjamur saat ini memanfaatkan teknologi sehingga perlu juga dimanfaatkan oleh masyarakat. Pembinaan dilakukan dengan langsung turun ke masyarakat dan berkumpul pada satu tempat untuk memberikan edukasi dan pemahaman-pemahaman bahwa masyarakat dapat melakukan hal lain yang produtif dengan impact nanti dapat meningkatkan pendapatan untuk merubah ekonominya. Pengabdian kepada masyarakat dalam pembinaan dengan pemberian edukasi ini memiliki tujuan 1) Mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat. 2) Menunjang pengembangan wilayah melalui peningkatan kualtias sumber daya manusia dan pembangunan daerah.

References

Das, N. A., Firnando, E., Yulhan, Y., Putra, Y., Putri, R. D., Maison, W., Wahyuni, L., Defitri, S. Y., Sukraini, J., & Sofari, A. (2022). Penguatan Lembaga Bumnag Puro Nagari Koto Laweh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(11), 2041–2052.

Rafni, A., Suryanef, Yusran, R., & Indrawadi, J. (2008). Marjinalisasi dan Pemberdayaan Masyarakat Adat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Nagari di Sumatera Barat. Jurnal Demokrasi, 7(1), 18–30.

Saharsalita, F., Syamsir, S., Frinaldi, A., & Mubarak, A. (2022). Peran Forum Nagari dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Dana Corporate Social Responsibility PT Semen. Journal of Education, Cultural and Politics, 2(2), 131–140.

Sriyanti, E., & Defitri, S. Y. (2022). Pembinaan Literasi Keuangan Usaha Untuk Meningkatkan Pendapatan Wirausaha. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 1789–1796.

Sriyanti, E., Nurhayati, N., Yeni, A., & Defitri, S. Y. (2023). Membangun Usaha Dengan Olah Sampah Rumah Tangga (Dulu Sampah Sekarang Berkah) di Nagari Koto Laweh, Kab. Solok. Sejahtera?: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 23–26.

Downloads

Published

2023-08-07

How to Cite

Sriyanti, E. ., Defitri, S. Y. ., Yeni, A. ., Nurhayati, N., Sukraini, J., Putri, R. D. ., & Maison, W. . (2023). PEMBINAAN MASYARAKAT NAGARI KOTO LAWEH MELALUI EDUKASI INOVASI TEKNOLOGI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 5804–5808. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.17043

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.