PELATIHAN PROGRAM PEMASARA N DAN SOCIO PRENEUR ERA DIGITAL DI TANGERANG

Authors

  • Abdul Manap Universitas Jayabaya
  • Zainuddin Zainuddin Universitas Jayabaya
  • Nurhaifa Idris Universitas Jayabaya
  • Muhammad Djauhari Universitas Jayabaya
  • Mohamad Ramadhan Agung Nugroho Universitas Terbuka
  • Betari Kilisuci Kartika Chandra Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.17003

Keywords:

Pemasaran, Social Preneur, Era Digital

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan (Workshop) program pemasaran dan socio preneur, menyusun kerangka promosi produk dengan media sosial untuk pelajar SMK Manggala, usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) di Kecamatan Ciledug, Kota Tamgerang. Sosial media yang dipilih adalah Instagram, karena untuk Whatsapp, rata-rata peserta pelatihan sudah menggunakannya untuk promosi. Jadi, Instagram digunakan sebagai media promosi uatama. Ada sekitar 120 peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa serta beragam pelaku bisnis.. Peserta antusias dalam mengikuti pelatihan, karena mereka dibimbing sejak awal pembuatan akun Instagram dan media sosial lainnya hingga pengunggahan produk-produk mereka.

References

Alma, Buchori. (2014). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit CV Alfabeta.

Chen, C. B., & Kao, P. L. (2012). The Effects of the Hospital Marketing Promotion on Consumers' Choice of Hospitals Consumers. The Journal of Human Resource and Adult Learning, 8(1), 156-168.

D’Aveni, R. A. (2014). Hypercompetition, new edition. New York: The Free Press. Diana, A. and F. Tjiptono. (2017). E-Business. Yogyakarta: Penerbit Andi.Indiworo, H. E.

(2016). Peran perempuan dalam meningkatkan kinerja UMKM. EQUILIBRIA PENDIDIKAN: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 40-58.

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran, Untuk Kelangsungan Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.

Manap, Abdul. (2016). Manajemen Pemasaran dan Strateginya, alat untuk memenangkan Persaingan. Jakarta: Penerbit Prenada.

Manap, Abdul. (2018). Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Mitra Media Wacana.

Noviyanto. (2020). Promosi Usaha Melalui Media Sosial. Retrieved June 5, 2020 from https://koinworks.com/blog/promosi-usaha-melalui-media-sosial/

Nurjaya. (2022). Digital Entrepreneurship. Surabaya: Penerbit Cipta Media Nusantara. Philip, K. (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Philip, K. (2010). Manajemen pemasaran. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Pratama Marpaung, A., Shareza Hafiz, M., & Dari, W. (t.t.). (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 2021–2294. https://doi.org/10.30596%2Fsnk.v2i1.8273

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Manap, A. ., Zainuddin, Z., Idris, N. ., Djauhari, M. ., Nugroho, M. R. A. ., & Chandra, B. K. K. (2023). PELATIHAN PROGRAM PEMASARA N DAN SOCIO PRENEUR ERA DIGITAL DI TANGERANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5460–5464. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.17003