PENINGKATAN KOMPETENSI GURU TK ABA 16 MALANG DALAM PENGUASAAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1695Keywords:
COVID-19, Media Pembelajaran Online, Kompetensi GuruAbstract
Penyebaran pandemi virus COVID-19 telah memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Akibatnya membuat sektor pendidikan seperti sekolah menghentikan proses pembelajaran secara tatap muka. Sebagai gantinya, proses pembelajaran dilaksanakan secara daring (online) yang bisa dilaksanakan dari rumah masing-masing murid. Perpindahan sistem belajar konvensional ke sistem daring amat mendadak dan tanpa persiapan matang. Tetapi semua ini harus tetap dilaksanakan agar proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan murid aktif mengikuti walaupun dalam kondisi pandemic COVID-19. Kesiapan dari pihak sekolah maupun murid merupakan tuntutan dari pelaksanaan daring. Pelaksanaan daring ini memerlukan perangkat pendukung seperti komputer dan media pembelajaran online yang terhubung dengan internet. Penggunaan beberapa aplikasi pada pembelajaran daring sangat membantu guru dalam proses pembelajaran saat di masa pandemic. Perlu disadari bahwa ketidaksiapan guru dan siswa terhadap pembelajaran daring juga menjadi masalah. Selain itu permasalahan lain yang dimiliki sekolah yaitu mengenai bahan ajar yang hanya sekedar perintah berupa lisan sehingga membuat murid-siswi TK merasa bosan. Hal tersebut dikarenakan para guru belum memanfaatkan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ada untuk media pembelajaran online secara optimal. Selain itu, para guru juga belum memiliki kompetensi untuk mengembangkan bahan pembelajaran berbasis TIK selama pembelajaran online. Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini mengusulkan workshop dan pendampingan untuk meningkatkan kompetensi guru TK Aisyisyah Busthanul Athfal (ABA) 16 Malang dalam menggunakan media pembelajaran online di masa pandemic ini.References
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Azhar, E. I., Hui, D. S. C., Memish, Z. A., Drosten, C., Zumla, A., & Kemdikbud RI. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia. Infect Dis Clin North Am, 33, 1–5.
Kunci, K., & Guru, P. (2007). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 4(1), 76–88. https://media.neliti.com/media/publications/17245-ID-upaya-pengembangan-profesionalisme-guru-di-indonesia.pdf
Maryani, I., Mustofa, A., & Septian Emma Dwi, J. (2018). Efektivitas Pendampingan Kelompok Dalam Meningkatkan Motivasi Berwirausaha Peternak Sapi Perah. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 7. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i1.2059
Maudiarti, S. (2018). PENERAPAN E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI Santi Maudiarti Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 32(1), 53–68.
Wicaksono, S. R. (2012). Kajian Pembelajaran Online Berbasis Wiki Di Lingkup Perguruan Tinggi. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(1), 51. https://doi.org/10.11591/edulearn.v6i1.190