IMPLEMENTASI STRATEGI BRAND IMAGE DAN PROMOSI MEDIA DIGITAL PADA PABRIK TAHU

Authors

  • Rifky Alfiansyah Univeritas Swadaya Gunung Jati
  • Rifa Rohidatul Aisya Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Devi Evian Rosmaningsih Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Tiara Muthiarsih Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.16746

Keywords:

Media Digital, Pendampingan; Brand Image, UMKM, Strategi

Abstract

UMKM Pabrik Tahu Pak Ade merupakan perusahaan pengolahan makanan kedelai dengan kategori jual beli Tahu. Penerapan pemasaran promosi citra merek dan strategi media online di perusahaan belum terwujud. Oleh karena itu, belum ada iklan media digital maupun non digital seperti banner, facebook, google business yang diterapkan dalam pemasaran, meskipun sudah menggunakan media digital whatsapp, masih menggunakan whatsapp biasa bukan whatsapp business dan tetap mengandalkan word of mouth marketing. Kegiatan pendampingan ini menggunakan pengamatan langsung di lokasi UMKM dan wawancara dengan pemilik usaha. Berdasarkan data yang terkumpul, teridentifikasi beberapa permasalahan seperti pengelola UMKM yang kurang memahami pentingnya brand image bagi perusahaan dan bagaimana memanfaatkan internet dan media sosial sebagai sarana promosi. Proyek ini bertujuan untuk merancang identitas merek berupa logo dan spanduk, serta strategi periklanan online melalui platform media digital berupa WhatsApp Business dan Facebook. Kegiatan pengabdian diakhiri dengan mengirimkan hasil desain logo, spanduk, akun WhatsApp Business, akun google business dan akun Facebook ke perusahaan Pabrik Tahu Pak Ade. Bersamaan dengan pembinaan dan konsultasi untuk strategi promosi media digital online.

References

Ahonen , M. (2008). Branding Does It Event Exist Among Smes. In Proccedings Of The 16th Nordic Conference On Small Business Research (Vol. 202). .

Astuti, R. P., Mahadianto, M. Y., Permatasari, I., & Aisy, R. N. (2022). Pengimplementasian Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan Di Kelurahan Sukapura Kota Cirebon . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 234-244.

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Reasearch Design: Qualitative, Quantitative And Mixed Methods Approaches. . In Sage Publishing .

Engelina, J., & Laulita, N. B. (2022). Mengimplementasikan Strategi Promosi Atau Membangun Brand Image Media Digital Online Pt. Naga Jaya Putra Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 1264-1271.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 157-172.

Hestianti, & Putri, S. T. (2023). Perancangan Strategi Promosi Dan Pemasaran Produk Melalui Media Sosial Pada Toko Sembako Ahong. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 1830-1840.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 32-36. Https://Doi.Org/10.22219/Janayu.V1i1.11188.

Kotler, P. (2000). Marketing Management, 10th Ed. Sydney: Prentice Hall.

Kristanto, H., & Nelson, A. (2023). Strategi Promosi Dan Membangun Image Pada Media Digital/ Online . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (Jpkmn), 1545-1551.

Muthiarsih, T. (2019). Strategi Pemasaran Di Era Disruption. Synax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(3), 179-186.

Prastowo, S. L., & Rahmadi, R. (2022). Apakah Brand Awareness Mampu Memoderasi Promosi, Kualitas Produk Dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen Swadaya Gunung Jati, 153-168.

Rachmadewi . (Et Al, (2021)). Analisis Strategi Digital Marketing Pada Toko Online Usaha Kecil Menengah . Jurnal Intech Teknik Industri Universitas Serang Vol. 7 No. 2, , 121-128.

Rahadi, Rianto, D., & Zanial. (2017). Social Media Marketing Dalam Mewujudkan E Marketing . Journal Marketing 8(4), 71-72.

Siswoyo, M., Komara, A., & Siddiq, D. M. (2022). Social Learning Theory Dalam Pemodelan Pengembangan Wisata Embung Sarwadadi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen Universitas Swadaya Gunung Jati, 195-197.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Alfiansyah, R. ., Aisya, R. R. ., Rosmaningsih, D. E. ., & Muthiarsih, T. (2023). IMPLEMENTASI STRATEGI BRAND IMAGE DAN PROMOSI MEDIA DIGITAL PADA PABRIK TAHU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7177–7182. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.16746