SOSIAL MEDIA MARKETING DALAM EQUITAS PELANGGAN UMKM NAGORI KARANG BANGUN KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Tioner Purba Universitas Simalungun
  • Risma Nurhaini Munthe Universitas Simalungun
  • Elfina Okto Posmaida Damanik Universitas Simalungun
  • Eva Sriwiyanti Universitas Simalungun
  • Resna Napitu Universitas Simalungun
  • Marulam MT Simarmata Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1663

Keywords:

Sosial Media, Marketing, Eqiutas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian dalam pengabdian ini adalah mendampingi Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Nagori Karang Bangun Kabupaten Simalungun menggunakan sosial media untuk pemasaran produk yang dihasilkan karena masih banyak pengusaha UMKM di Nagori Karang Bangun ini memasarkan produknya secara off line sehingga tingkat pemasaran produk masih tingkat lokal. Metode kegiatan yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: Ceramah bervariasi, demonstrasi, latihan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah pendampingan secara intensif dengan tahapan: ceramah tentang pengantar berbisnis, ceramah tentang teori media bisnis, ceramah tentang pengembangan media pembelajaran yang baik untuk pembisnis, demonstrasi tentang langkah-langkah penyusunan media bisnis berbasis teknologi. Hasil pelaksanaan kegiatan ini yaitu ketercapaian tujuan pendampingan pengembangan media pembelajaran secara umum sudah baik, namun keterbatasan waktu yang disediakan mengakibatkan tidak semua materi tentang pengembangan media pembelajaran dapat disampaikan secara detail kepada masyarakat. Namun dilihat dari hasil latihan para peserta yaitu kualitas media pembelajaran yang telah dihasilkan, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan kegiatan ini dapat tercapai.

Author Biographies

Tioner Purba, Universitas Simalungun

Program Studi Manajemen

Risma Nurhaini Munthe, Universitas Simalungun

Manajemen

Elfina Okto Posmaida Damanik, Universitas Simalungun

Akuntansi

Eva Sriwiyanti, Universitas Simalungun

Akuntansi

Resna Napitu, Universitas Simalungun

Manajemen

Marulam MT Simarmata, Universitas Simalungun

Pertanian

References

Dharmmesta, BS. 1998. Theory of Planned Behavior dalam Penelitian Sikap, Niat dan Perilaku Konsumen. Jurnal Kelola. 18.

Mopangga, Herwin. 2008. Penerapan Teknologi dan Transformasi Kelembagaan pada Masyarakat Pedesaan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Agropolitan, 1(1): 29-39.

Soekartawi, 2000. Pengantar Argoindustri. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta

Sosrowinarsidiono. 2010. Membangun Sinergi Teknologi Dengan Kemampuan Kewirausahaan Guna Menunjang Kemandirian Bangsa. Munas Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Informatika. Bandung: Politelkom.

https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-jenis-dan-manfaat-pemasaran-online/

Downloads

Published

2021-05-17

How to Cite

Purba, T., Munthe, R. N., Damanik, E. O. P., Sriwiyanti, E., Napitu, R., & Simarmata, M. M. (2021). SOSIAL MEDIA MARKETING DALAM EQUITAS PELANGGAN UMKM NAGORI KARANG BANGUN KABUPATEN SIMALUNGUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 186–191. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.1663