TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN YANG BERSIFAT PROFETIK DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0 YANG BERKELANJUTAN

Authors

  • Usanto Usanto ITB Swadharma
  • Nur Sucahyo ITB Swadharma
  • Waska Warta Universitas Islam Nusantara
  • Sak Khie STIE STIMA IMMI
  • Ida Farida Fitriyani Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16607

Keywords:

Pendidik, Kepemimpinan Profetik, Society 5.0

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dalam memperkuat kapasitas pendidik untuk menghadapi era Society 5.0 dengan menggunakan pendekatan kepemimpinan profetik didasari oleh integrasi keterampilan digital, pemahaman tentang teknologi terkini, dan kemampuan adaptasi terhadap perubahan yang cepat. Era Society 5.0 membutuhkan keterampilan baru yang melampaui pemahaman konvensional. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu mempersiapkan peserta didik dengan keterampilan seperti pemecahan masalah yang kompleks, pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, literasi digital, dan adaptasi. Jika sebuah lembaga pendidikan tidak dapat beradaptasi, dapat berdampak negatif terhadap kredibilitasnya di masyarakat. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui : 1) Pemberian materi, pemaparan melalui seminar, 2) Diskusi dan tanya jawab dalam hal permasalahan yang berhubungan dengan kepemimpian profetik di era Society 5.0, 3) pemberian kuesioner untuk mengetahui tingkat pemahaman materi yang telah disampaikan, 4) Review kuesioner, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman terkait materi dikuasai, 5) Konsultasi secara lansung dan online, konsultasi secara langsung metode penyuluhan yang menggabungkan ceramah, presentasi, dan diskusi peserta untuk mengukur kontribusi mereka dalam kegiatan PkM. Hasil dari pengabdian ini menekankan pada peningkatan kapasitas pendidik dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi dinamika perubahan di era Society 5.0. dan dapat dilihat dari hasil kuesioer dan diskusi yang telah dilaksanapan. Beberapa tindakan yang diharapkan dari pendidik dalam persiapan tersebut adalah menciptakan keseimbangan antara aspek kognitif (kualitas pembelajaran), penanaman nilai moral, dan kemampuan mengintegrasikan pembelajaran yang aktual dengan unit usaha dan industri.

References

Ahmad Anwar (2017). Prophetic Leadership Types: Concepts and Implementations in Library Leadership. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga: Pustakaloka, Volume 9 No. 1.

Ahmad Yaseer Mansyur (2013). Personal Prophetic Leadership as an Intrinsic Character Education Model to Overcome Corruption. Faculty of Education, State University of Makassar: Journal of Character Education, Year III Number 1.

Avolio, B. J., & Yammarino, F. J. (2017). Transformational and charismatic leadership: The road ahead. Emerald Publishing Limitedy.

Bachtiar Firdaus (2016), The Art of Prophetic Leadership, Jakarta: Gramedia.

Brown, M. E., & Treviño, L. K. (2016). Do role models matter? An investigation of role modeling as an antecedent of perceived ethical leadership. Journal of Business Ethics, 133(2), 377-394.

De Hoogh, A. H., Den Hartog, D. N., & Koopman, P. L. (2019). Transformational leadership and innovative work behavior: Exploring the relevance of gender differences. Creativity and Innovation Management, 28(4), 474-486.

Hartog, D. N. D., & Belschak, F. D. (2018). Work engagement and Machiavellianism in the ethical leadership process. Journal of Business Ethics, 147(2), 341-353.

Popli, S., & Irfan, M. (2014). Impact of leadership styles on employee's job satisfaction and organizational commitment. International Journal of Business and Management Invention, 3(4), 15-19

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional (2008). Indonesian Dictionary, Jakarta: Balaipustaka.

Rouf, A. (2019). Reactualization and Contextualization of Local Wisdom with a Global Approach: Efforts to Address Issues and Challenges in Education in the Era of Society 5.0 and the Fourth Industrial Revolution. Proceedings of the National Seminar of Postgraduate Students (Prosnampas), 2(1), 42-46.

Siregar, W., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). School Principal Leadership in School Management Implementation. Jurnal Basicedu, 6(3), 3867-3874. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2766.

Tambuan, Toman Sony. (2015). leaders and Leadreship. Yogyakarta, Graha Ilmu

Thoha, M. (2013). Kepemimpinan dalam manajemen: teori, penelitian, dan praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Wang, D., Peng, Z., & Lu, W. (2020). Ethical leadership and employee behaviors: Examining the roles of psychological empowerment and psychological contract breach. Frontiers in Psychology, 10, 2932.

Yusuf al-Qardhawy al-Asyi (2016). Islamic Leadership: Political Policies of the Prophet as Head of State and Government (Banda Aceh: Yayasan Pena Acen).

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Usanto, U., Sucahyo, N. ., Warta, W. ., Khie, S. ., & Fitriyani, I. F. . (2023). TRANSFORMASI KEPEMIMPINAN YANG BERSIFAT PROFETIK DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI ERA SOCIETY 5.0 YANG BERKELANJUTAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5287–5301. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16607