PELATIHAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BATUBULAN BALI

Authors

  • Dewa Ayu Kadek Claria Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ngurah Adi Rajistha Universitas Warmadewa
  • Ni Made Suwendri Universitas Warmadewa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16565

Keywords:

Cerita Rakyat, Nilai Didaktis, Bahasa Inggris

Abstract

Ketrampilan komunikasi dalam bahasa Inggris perlu didukung dengan kefasihan dalam berbicara, pemahaman tata bahasa, pengetahuan kosakata dan ejaan. Tujuan dari diberikannya pelatihan bahasa Inggris dengan menggunakan cerita rakyat adalah untuk membuat pemberian materi menjadi lebih menyenangkan karena lebih mudah dipahami akan tetapi penggunaan buku cerita rakyat ini belum diterapkan secara maksimal di SDN2 Batubulan. Melalui hasil evaluasi yang dilakukan dapat dilihat kemampuan para siswa meningkat baik dari segi pengetahuan bahasa Inggris maupun pemahaman akan nilai didaktis yang terkandung dalam cerita. Kegiatan PKM ini dilaksanakan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya yang berjudul Struktur, Konteks dan Nilai Didaktis Cerita Rakyat Calonarang yang mana dalam PKM ini lebih ditekankan pada penerapan Nilai Didaktis yang dimiliki oleh teks.

References

Amanat, T. (2019). Strategi Pengembangan Destinasi Wisata Berbasis Foklor (Ziarah Mitos: Lahan Baru Pariwisata Indonesia). Jurnal Pariwisata Terapan, 3(1), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jpt.48836

Dian Susanthi, I. G. A. A., Warmadewi, A. A. I. M., Kadek Claria, D. A., Adi Rajistha, I. G. N., & Mayang Sari, N. P. I. (2019). Teaching English for Children Through Translation Perspective. https://doi.org/10.30560/ilr.v2n4p1

Halliday, M.A.K. & Hasan, R. (1989). Language Context and Text: Aspect of Language in a Social Semiotic Perspective. Deankin University.

Holidazia, R., & Rodliyah, S. (2020). Strategi Siswa Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. . . Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.

Hutchinson, Tom & Waters, A. (1987). English for Spesific Purpose. https://www.academia.edu/4831921/English_for_specific_purposes_hutchinson_tom_waters_alan

Laelasari, & N. (2006). Kamus Istilah Sastra. Nuansa Aulia.

Merdiyatna, Y. Y. (2019). Struktur, Konteks dan Fungsi Cerita Rakyat Karangkamulyan. Jurnal Salaka, 1(2), 38–45.

Riyana, C. (2010). Peningkatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Penerapan Model Education Centre of Teacher Interactive Virtual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 40–48.

Santoso, I., & Andriyadi, A. (2019). The Use of My Dictionary Application To Improve Students’ Vocabulary Mastery. ELTIN JOURNAL, Journal of English Language Teaching in Indonesia, 7(1), 35. https://doi.org/10.22460/eltin.v7i1.p35-42

Sari, I. A. L. (2020). Storynomics: Memanfaatkan Kekuatan Branding Cerita Rakyat. ISBI Bandung.

Suarniti, G.A.M & Claria, D. A. K. (2022a). Struktur, Konteks dan Nilai Didaktis Cerita Rakyat Calon Arang sebagai Branding Pariwisata Bali.

Suarniti, G.A.M & Claria, D. A. K. (2022b). Struktur dan Konteks Cerita Rakyat Calon Arang. Jurnal Bastra, 7(2).

Thornbury, S. (2002). How to Teach Vocabulary. Longman.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Garudhawaca.

Widyahening, C. E., & Mafiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. ADIWIDYA, 3(2), 50–59.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Claria, D. A. K. ., Rajistha, I. G. N. A. ., & Suwendri, N. M. . (2023). PELATIHAN BAHASA INGGRIS BERBASIS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BATUBULAN BALI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5266–5271. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16565