WORKSHOP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 MUARADUA

Authors

  • Meilia Rosani Universitas PGRI Palembang
  • Nova Pratiwi Universitas PGRI Palembang
  • Neta Dian Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Januardi Januardi Universitas PGRI Palembang
  • Riswan Aradea Universitas PGRI Palembang
  • Diana Widhi Rachmawati Universitas PGRI Palembang
  • Masnunah Masnunah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16512

Keywords:

Workshop, Model Pembelajaran, Daring

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat (PkM) ini adalah untuk membagikan gambaran pada guru dan siswa tentang berbagai model e-learning yang dapat diterapkan dalam konteks kebijakan e-learning untuk meningkatkan antusiasme siswa dan intensitas belajar dalam kegiatan belajar. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam pertemuan tatap muka terbatas sesuai dengan kebijakan kesehatan kabupaten OKU Selatan. Metodenya adalah presentasi paralel dari tujuh pembicara dan sesi tanya jawab. Kegiatan PkM ini diikuti oleh 15 guru dan 35 siswa dari SMA Negeri 2 Muaradua. Dari hasil workshop tersebut, peserta kegiatan memperoleh pemahaman tentang jenis-jenis model pembelajaran e-learning yang dapat dipraktikkan dalam upaya mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di era pandemi Covid-19 dan new normal yang mengarah pada pengajaran jarak jauh. Melalui sesi tanya jawab, peserta berkesempatan untuk berbagi pandangan tentang perubahan   pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran daring di saat kebijakan physical distancing kembali ditegaskan.

References

Aswidy, W. C., & Nasriandi, N. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Repository UPT Perpustakaan, 1–50.

Farida, I. I., Jumadi, J., Wilujeng, W., & Senam, S. (2018). Developing android-based science instructional media to improve scientific literacy of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012034

Fauzi, M. (2020). Strategi Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Al-Ibrah, 2(2), 120–145.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., & Dkk. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8.

Imron, F., Isnaniah, I., & Imamuddin, M. (2022). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Dilaksanakan secara Daring pada Masa Pandemi Covid -19 di SMK. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(2), 167. https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.16635

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model pembelajaran daring sebagai alternatif proses kegiatan belajar pendidikan jasmani di tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.

Junarti, et al. (2022). Model-Model Pembelajaran Matematika di Era Pandemi. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 05(04), 431–437.

Mauly, Y. K. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Metode Pembelajaran Daring, 1(1), 23.

Musoffa, S. (2021). Pembelajaran Daring Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Tarbawi?: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Naredi, H., Ruslan, A., & Sanijan, L. A. (2022). Model Pembelajaran Blended Learning?: Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah. 3(September), 27–33.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan LKPD Elektronik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 380–389. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1778

Santika, I. W. E. (2020). Efektifitas. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sartono, B. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan LMS (Google Classroom Dan Quiper) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Gerak Harmonis Siswa Kelas X MIPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 5, 35–46. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v5i0.46590

Tamin, H. (2021). Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 132–143. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.610

Wijaya, B. A. (2023). Dampak Perubahan Pola Pembelajaran Daring Dan Luring Pada Efektivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Tahun 2021-2022. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7748

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Rosani, M. ., Pratiwi, N. ., Lestari, N. D. ., Januardi, J., Aradea, R. ., Rachmawati, D. W. ., & Masnunah, M. (2023). WORKSHOP MODEL PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 MUARADUA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6070–6076. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16512