PERANCANGAN PERBAIKAN PROSES BISNIS TOKO TIGA DARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16457Keywords:
Business Process Improvement, Proses Bisnis, Waktu SiklusAbstract
Toko Tiga Dara merupakan toko yang menjual alat kebutuhan rumah tangga yang terletak di Kota Klaten. Toko ini berdiri sejak tahun 2008 dengan produk yang dijual seperti kompor, kipas, panci, dll. Terdapat permasalahan proses bisnis yang terjadi di toko ini, yaitu lamanya waktu proses yang dibutuhkan dari proses pelayanan hingga packaging. Masalah-masalah ini disebabkan oleh sumber daya manusia, teknologi, dan fasilitas yang terbatas dan tidak digunakan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan proses bisnis di toko-toko dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) yang dapat dilakukan dengan menganalisis setiap kegiatan dalam setiap proses bisnis yang terjadi sehingga dapat diidentifikasi kegiatan mana yang termasuk kegiatan kritis. Kemudian, proses tersebut disederhanakan dengan memanfaatkan alat-alat penyederhanaan. Dengan menggunakan metode BPI, toko ini dapat menentukan kinerja toko yang dapat dilihat dari efisiensi waktu siklus dalam proses bisnis yang terjadi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, waktu siklus total yang didapatkan untuk proses bisnis yang ada adalah 33,85 menit dengan efisiensi waktu siklus sebesar 71,95%. Setelah merancang perbaikan untuk proses bisnis yang ada, waktu siklus total untuk proses bisnis yang diusulkan adalah 20,92 menit dengan efisiensi waktu siklus sebesar 92,73%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa proses bisnis yang diusulkan lebih cepat dan lebih efisien.References
A. Rahma, F. H., Chumaidiyah, E., & Tripiawan, W. (2021). Perancangan Proses Bisnis Usulan Pemeriksaan PCR di Laboratorium PCR Rumah Sakit Pertamina Balikpapan dengan Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI). IEEE 12th International Conference on Mechanical and Intelligent Manufacturing technologies (ICMIMT), 310-314.
Achmad, F. I., Rispianda, & Liansari, G. P. (2016). Business Process Improvement Untuk Proses Penjualan, Produksi, dan Pembelian di CV Cahaya Abadi Teknik. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 382-393.
Harrington, H. J. (1991). Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for Total Quality, Productivity, and Competitiveness. United States of America: The McGrawHill Companies.
Inderawati, M. W., Sukwadi, R., & Hutahean, H. A. (2016). Perbaikan Proses Bisnis Pengelolaan Data Penelitian pada Perguruan Tinggi : Sebuah Model Konseptual. Media Teknika Jurnal Teknologi, 15-21.
Lumumba, A., Sukoco, G. I., Ayuningsih, T., Rahayu, I. F., & Toharoh, N. S. (2016). Analisis Proses Bisnis Layanan Triple Play Menggunakan Pendekatan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus di PT Telkom Indonesia). JURNAL MANAJEMEN INDONESIA, 205-212.
Nanda, F. R., Tolle, H., & Priharsari, D. (2020). Analisis dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus : Bidang Usaha Perikanan Lele di PT. MaksiPlus Utama Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3364-3372.
P.Groover, M. (2015). Automation, Production Systems, and Computer-Integrated Manufacturing. United States of America: Pearson Higher Education.
Setiyani, L., & Rachmawati, R. (2021). Permodelan Business Process Improvement Aplikasi Antrian Pengambilan STNK (Studi Kasus: Kantor Kejaksaan Karawang). Jurnal Sistem Informasi Teknologi Informasi dan komputer, 1-7.
Sutalaksana. (2006). Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: ITB.
Weske, M. (2007). Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures. Verlag Berlin Heidelberg: Springer.
Wignjosoebroto, S. (2000). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maya Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.