PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA SDN 87 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16296Keywords:
Meningkatan Literasi, Siswa SDN 87, Minat BacaAbstract
Kampus Mengajar bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dimana salah satu program kerja yang dijalankan yaitu, meningkatan literasi yang merupakan pengetahuan penting untuk dikuasai oleh siswa sekolah dasar agar berhasil dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatan literasi siswa SDN 87 Kota Bengkulu melalui pendekatan yang efektif, studi ini dilakukan dengan melibatkan siswa kelas 1 dan 2 SDN 87 Kota Bengkulu yang tingkat literasinya masih rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek penggunaan buku bacaan yang menarik, pengajaran berbasis proyek, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang melibatkan buku-buku bacaan yang menarik mampu meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, pengajaran berbasis kreativitas memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis dan pemecahan masalah, sementara penggunaan teknologi memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber daya pembelajaran, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi meningkatan literasi siswa SDN 87 kota bengkulu. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan yang beragam dan inovatif dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca dan kemampuan literasi mereka secara keseluruhan.References
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280
Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.
Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85.
Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Marlia Prameswari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.