PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA SDN 87 KOTA BENGKULU

Authors

  • Marlia Prameswari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ade Tiara Yulinda Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Islamuddin Islamuddin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ratnawili Ratnawili Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16296

Keywords:

Meningkatan Literasi, Siswa SDN 87, Minat Baca

Abstract

Kampus Mengajar bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dimana salah satu program kerja yang dijalankan yaitu, meningkatan literasi yang merupakan pengetahuan penting untuk dikuasai oleh siswa sekolah dasar agar berhasil dalam pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatan literasi siswa SDN 87 Kota Bengkulu melalui pendekatan yang efektif,  studi ini dilakukan dengan melibatkan siswa  kelas 1 dan 2 SDN 87 Kota Bengkulu yang tingkat literasinya masih rendah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan objek penggunaan buku bacaan yang menarik, pengajaran berbasis proyek, serta penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang melibatkan buku-buku bacaan yang menarik mampu meningkatkan minat baca siswa. Selain itu, pengajaran berbasis kreativitas memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan kritis dan pemecahan masalah, sementara penggunaan teknologi memberikan akses yang lebih luas terhadap sumber daya pembelajaran, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi meningkatan literasi siswa SDN 87 kota bengkulu. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan yang beragam dan inovatif dapat meningkatkan minat siswa dalam membaca dan kemampuan literasi mereka secara keseluruhan.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya, 6(8), 60–69. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G. A. P. K., & Nurhayati, L. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 78–85.

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Prameswari, M. ., Arini, E. ., Yulinda, A. T. ., Islamuddin, I., & Ratnawili, R. (2023). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA SDN 87 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5040–5044. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16296