UPAYA PENINGKATAN MINAT BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LAGU KEPADA MURID KINDERGARTEN ANUBANWANGMAI THAILAND
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16258Keywords:
Lagu, Anak-Anak TK, Kosakata, Bahasa InggrisAbstract
Lagu dihargai karena fitur linguistik, pedagogis, budaya, dan hiburannya dan memang demikian bahan pembelajaran bahasa yang berharga. Pada jurnal ini menggunakan metode bernyanyi serta memastikan efektivitas penggunaan lagu sebagai sarana untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris dan untuk menentukan apakah lagu memengaruhi motivasi belajar bahasa inggris. Yaitu dapat digunakan untuk mengajar dan mengembangkan setiap aspek dari suatu bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu memiliki pengaruh positif terhadap kosa kata anak-anak TK. Apapun setting yang digunakan, aural atau aural/visual, hasilnya membuktikan lagu itu cocok untuk gaya belajar yang berbeda lagi menyenangkan, mendorong pengalaman belajar yang positif, dan meningkatkan pengetahuan. Lagu membantu motivasi dan membantu pelajar mengembangkan kecintaan pada pembelajaran bahasa. Siswa termotivasi dengan cara ini adalah imajinatif, kreatif, dan bersemangat untuk belajar dan berhasil.References
Albaladejo Albaladejo, Sara & Coyle, Yvette & Larios, Julio. (2018). Songs, Stories, and Vocabulary Acquisition in Preschool Learners of English as a Foreign Language. System. 76. 10.1016/j.system.2018.05.002.
Delibegovic Dzanic, Nihada & Pejic, Alisa. (2016). The Effect of Using Songs On Young Learners and Their Motivation for Learning English. netsol: New Trends in Social and Liberal Sciences. 1. 40-54. 10.24819/netsol2016.8.
DePorter, Bobby, dan Mike Hernacki. (1999). Quantum Learning. Bandung : Kaifa
Dryen, Gordon, dan Dr. Jeannette Vos. (2000). The Learning Revolution. Bandung : Kaifa
Levy, Yiftach. (2000). The Effects of Background Music on Learning: A Review of Recent Literature. San Diego State University
M. Wardiman, A. Aminah, and A. Dewi. (2022). the use of english songs to improve students’ vocabulary mastery, elts, vol. 10, no. 1, pp. 12-21.
Puasa, Kuran. (2008). “Teaching English Through Pop Songs”. Bandung: Yrma Widya
Purnama, Neng & Rahayu, Neng & Yugafiati, Rasi. (2019). Students’ Motivation in Learning English. project (Professional Journal of English Education). 2. 539. 10.22460/project.v2i4.p539-544.
R. Purwanti, “Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu” (2020). j. ilm. potensia., vol. 5, no. 2, pp. 91–105.
Sari, Intan & Asahra, Elva & Yana, Yana. (2019). improving students’ vocabulary mastery using english song. project (Professional Journal of English Education). 2. 410. 10.22460/project.v2i3.p410-415.
Siti Fachraini, using english songs to increase early students’ vocabulary (2017). geej, vol. 4, no. 2, pp. 185-194.
Shehadeh, Iman & Farrah, Mohammed. (2016). The Effectiveness of Using Children's Songs in Developing Elementary Graders' English Vocabulary and Pronunciation in Jerusalem, Palestine. Journal of Creative Practices in Language Learning and Teaching (CPLT). 4. 44-59.
Sumardi, Muljanto, ed. (1992). Berbagai pendekatan dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Vishnevskaia, Margarita & Zhou, Zhen. (2019). The Impact of Using Music and Songs on Teaching EFL in China by Non-native English Teachers. Universal Journal of Educational Research. 7. 1808-1813. 10.13189/ujer.2019.070819.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadhilah Izni Zamzami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.