MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI METODE FLASH CARD DI ANUBANWANGMAI SCHOOL THAILAND SELATAN

Authors

  • Luthfi Khayati Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Bastian Sugandi Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Ahmad Syafiq Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Sulastri Sulastri Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Bubakak Sammania Anuban Wang Mai Sasanasart School Thailand

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16256

Keywords:

Pemahaman, Bahasa Inggris, siswa, metode Flashcard, Anubanwangmai School.

Abstract

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang  penting di pelajari dan dikuasai oleh masyarakat di seluruh dunia, khususnya dalam dunia pendidikan, Tujuan mempelajari Bahasa Inggris adalah untuk mempermudah pemahaman pelajar dalam penguasaan Bahasa Inggris dan mempermudah Berkomunikasi serta Berinteraksi secara langsung dan memahami segala bentuk percakapan yang berkaitan dengan Bahasa inggris, metode yang digunakan dalam proses Belajar Bahasa Inggris ini adalah dengan Menggunakan Metode Flash card, tujuan penggunaan Metode Flash card sendiri adalah untuk 1) Mengetahui Teknik penguasaan kosa kata,ucapan dan percakapan Bahasa inggris siswa sebelum dan setelah menggunakan media flash card 2) untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang diajarkan. pembelajaran ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan partisipasi, yaitu siswa terlibat secara langsung dalam proses Belajar Bahasa Inggris dan adapun hasil dari proses pemahaman Bahasa Inggris ini diharapkan para Siswa di Anubanwangmai sasanasart school Thailand dapat  Memahami dan Mengaplikasikan Ilmu yang telah di peroleh guna diterapkan dalam proses berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang Asing serta dalam kehidupan sehari-hari.       

References

______. (1983). Child’s Talk: Learning to Use Language. New York: Norton. .

Bruner, J. (1963). The Process of Education. New York: Vintage.

Crystal, David. (2003). English as Global Language. Cambridge University Press.

Damayanti, A. D. (2020). Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Materi Nama-nama Benda Alam Sekitar melalui Media Flash Card Siswa Kelas II MIN 1 Kota Surabaya. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2005), 811.

Febriana, F. A. (2020). Pengaruh Media Flash Card terhadap Perbendaharaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas I SD (Penelitian Pre-Eksperimen Jenis One Group Pretest Posttest dengan Subjek Tunggal pada Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Animals Kelas I Sekolah Dasar). (Skripsi). Program Studi.

Kunandar, Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013 Suatu Pendekatan Praktis) (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), 168.

Moon, Jayne. (2000). Children Learning English. Oxford: Macmillan Heinemann Publ. Ltd.

Piaget, J. (1969). Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Orion.

Sajidan, Jurnal Pendidikan “Dwija Utama”, (Surakarta: Dwija Utama, 2008), 153

Santrok, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Khayati, L. ., Sugandi, B., Syafiq, A. ., Sulastri, S., & Sammania, B. . (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI METODE FLASH CARD DI ANUBANWANGMAI SCHOOL THAILAND SELATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4999–5004. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16256