IMPLEMENTASI IGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS SISWA SD-IT IMAM SYAFE’I PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16184Keywords:
IGA (Information Gap Activities), Kemampuan Berbicara Bahasa InggrisAbstract
Berdasarkan pengalaman hasil penelitian di lapangan, terdapat beberapa permasalahan siswa dalam belajar Bahasa Inggris siswa. Permasalahan tersebut datangnya dari faktor siswa dan faktor dari guru itu sendiri. Faktor penyebab yang datangnya dari siswa adalah; siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar bahasa Inggris, mereka memiliki permasalahan dalam pronunciation, mereka masih memiliki rasa percaya diri yang rendah dalam berbicara, dan siswa masih kurang memiliki kosakata bahasa Inggris..Berdasarkan kondisi tersebut, penulis mencoba untuk menerapkan IGA (Information Gap Activities) untuk mengatasi masalah tersebut. Penulis menerapkan penelitian tindakan kelas (merencanakan, tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi) untuk mempelajari proses dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD-IT Imam syafe’I Pekanbaru. Penelitian dilakukan menggunakan dua siklus. Data dari siklus yang kedua dijadikan sebagai data final dari hasil belajar dan perubahan yang didapatkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan IGA (Information Gap Activities) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Sehingga siswa tidak bosan dalam belajar Bahasa Inggris. Penerapan IGA (Information Gap Activities) bisa meningkatkan kemampuan berkolaborasi siswa selama pembelajaran. Strategi ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris ,khususnya dalam keteranpilan berbicara Bahasa Inggris.References
Ismukoco. 2012. Information Gap Activities untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Diakses pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2018. Dari: http://smoothmirror.blogspot.co.id/2012/07/classroom-action-research- car.html
Kayi, Hayriye. 2006. Teaching Speaking. The Internet TESL Journal. Vol.XII No.11, Nov 2006
Sukatno. Split Information. Diakses pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2018. Dari: http://www.kompasiana.com/sukatno/metode-pembelajaran-beserta- prosedurnya
Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Resy Oktadela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.