PENYULUHAN DAN PENANAMAN VEGETASI MANGROVE DI SEKITAR PESISIR OESAPA BARAT KOTA KUPANG

Authors

  • Roni Haposan Sipayung Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16176

Keywords:

Penanaman, Ekosistem Mangrove, Nusa Tenggara Timur, Penyuluhan Masyarakat

Abstract

Penanaman vegetasi adalah salah satu tindakan rehabilitasi yang dapat dilakukan untuk dapat memperbaiki lahan dan juga meningkatkan fungsi ekonomi dan ekologinya. Penanaman menjadi sebuah investasi jangka panjang yang dapat menjamin keberlangsungan kehidupan yang ada di dalam hutan. Ekosistem mangrove akhir-akhir mengalami berbagai permasalahan yang cukup kompleks. Permasalahan-permasalahan yang sering dialami oleh ekosistem mangrove, yaitu: adanya gelombang tsunami, siklon maupun abrasi khususnya di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, ekosistem mangrove tidak jarang mengalami eksploitasi lahan dan penebangan pohon yang terjadi hampir di seluruh daerah pesisir di Indonesia. Kerusakan-kerusakan yang diakibatkan permasalahan ini sangat merugikan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir. Hal ini kemudian diperparah dengan adanya kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat dan kondisi perekonomian secara global sangat tidak mendukung Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan melakukan penanaman bersama masyarakat yang tinggal di daerah ekowisata mangrove Oesapa Barat. Metode Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara penyampaian materi mengenai kondisi ekosistem mangrove berupa focus group discussion dan melakukan penanaman secara langsung di daerah ekowisata mangrove Oesapa Barat, Kota Kupang. Masyarakat sangat menantikan kegiatan penanaman ini agar dapat memulihkan ekosistem mangrove Oesapa Barat yang sebelumnya mengalami kerusakan akibat siklon seroja pada tahun 2021.

References

Afiyanti, Y. (2008). Focus group discussion (diskusi kelompok terfokus) sebagai metode pengumpulan data penelitian kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.

Diah, K. B., Anak, A. S. A. W., Sri, W., & Indah, N. (2015). Konservasi Hutan Mangrove Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kawasan Pesisir Di Pulau Mengare Kec. Bungah Kab. Gresik Propinsi Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional “Research Month”.

Fauzi, H. (2017). Pengetahuan Penyuluh Kehutanan Sebagai Pelaku Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Hutan. Jurnal Hutan Tropis, 5(1), 14–21.

Jati, I. W., & Pribadi, R. (2017). Penanaman Mangrove Tersistem Sebagai Solusi Penambahan Luas Tutupan lahan hutan mangrove Baros di Pesisir Pantai Selatan Kabupaten Bantul. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14(1), 148–153.

Kusmana, C., Istomo, W. C., Budi, S. W., Siregar, I. Z., Tiryana, T., & Sukardjo, S. (2008). Manual Silvikultur Mangrove di Indonesia. Departemen Kehutanan Republik Indonesia Dan Korea International Cooperation Agency (KOICA). Jakarta (ID): Korea International Cooperation Agency (KOICA) The Rehabilition Mangrove Forest Ana Coastal Area Damaged By Tsunami in Aceh Project.

Laksono, B. A. (2018). The Community Empowerment Through Social and Educational Institutions. Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(3), 115–122.

Nanlohy, L. H., & Masniar, M. (2020). Manfaat Ekosistem Mangrove Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Masyarakat Pesisir. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 1–4.

Poedjirahajoe, E., Marsono, D., & Wardhani, F. K. (2017). Penggunaan principal component analysis dalam distribusi spasial vegetasi mangrove di Pantai Utara Pemalang. Jurnal Ilmu Kehutanan, 11(1), 29–42.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 95.

Sari, S. P., & Rosalina, D. (2014). Tingkat keberhasilan penanaman mangrove pada lahan pasca penambangan timah di Kabupaten Bangka Selatan. Maspari Journal: Marine Science Research, 6(2), 71–80.

Suprayitno, A. R. (2008). Pelibatan Masyarakat Lokal: Upaya Memberdayakan Masyarakat Menuju Hutan. Jurnal Penyuluhan, 4(2).

Syah, A. F. (2020). Penanaman Mangrove sebagai Upaya Pencegahan Abrasi di Desa Socah. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(1), 13–16.

Utomo, B., Budiastuti, S., & Muryani, C. (2017). Strategi Pengelolaan Hutan Mangrove Di Desa Tanggul Tlare Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(2), 117–123.

Winata, A., & Yuliana, E. (2016). Tingkat keberhasilan penanaman pohon mangrove (kasus: pesisir Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu). Jurnal Matematika Sains Dan Teknologi, 17(1), 29–39.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Sipayung, R. H. (2023). PENYULUHAN DAN PENANAMAN VEGETASI MANGROVE DI SEKITAR PESISIR OESAPA BARAT KOTA KUPANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5202–5207. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16176