PELATIHAN PEMBUATAN KIPAS ANGIN PORTABEL DI MTS ABU DARRIN BOJONEGORO

Authors

  • Amalia Ma’rifatul Maghfiroh Universitas Bojonegoro
  • Abu Bakar MTS Abu Darrin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16097

Keywords:

IPA, Kipas Angin Portabel, Media Pembelajaran.

Abstract

Kipas angin portabel ini merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan proses pembelajaran di dalam kelas. Peserta didik akan lebih mudah memahami konsep jika melihat fenomena atau gejala yang nyata dan visible melalui peragaan menggunakan peraga pendidikan. Kipas angin portabel ini juga mampu membuat peserta didik merasa termotivasi atau senang terhadap materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penulis bermaksud mengadakan kegiatan pengabdian berupa pelatihan pembuatan Kipas angin portabel. Metode pelaksanaan yan digunakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi program dan pelaporan. Kesimpulan dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah sebagai berikut Kipas angin portabel memberikan manfaat sebagai media pembelajaran berbasis praktikum dan simulasi yang menarik siswa sehingga siswa mempunyai antusias yang besar untuk belajar.  

References

Ariwibowo, D., Elektro, P. T., Pendidikan, F., Sultan, U., Tirtayasa, A., Informasi, F. T., & Raya, U. S. (2016). Pengembangan aplikasi simulasi perhitungan energi mekanik berdasarkan hukum kekekalan energi dalam proses belajar siswa. E-Jurnal.Lppmunsera.Org, 3(1), 3–7. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/115

Dyah, L. A. (2020). Gaya dan Energi. Ilmpu Pengetahuan Alam, 2, 63–64. https://www.google.com/search

Kandi, & Winduono, Y. (2012). Energi dan Perubahannya. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA, 1–58.

Maghfiroh, A. M., & Bakar, A. (n.d.). Pelatihan Pembuatan Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Angin. 29.

Pudjanarsa, A., & Nursuhud, D. (2013). Astu Pudjanarsa dan Djati Nursuhud, Mesin Konversi Energi , C.V Andi OFFSET, Yogyakarta, 2013, hlm. 1. 5. 5–37.

Downloads

Published

2023-08-19

How to Cite

Maghfiroh, A. M. ., & Bakar, A. . (2023). PELATIHAN PEMBUATAN KIPAS ANGIN PORTABEL DI MTS ABU DARRIN BOJONEGORO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6290–6294. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i3.16097