PELATIHAN PEMBUATAN TOWEL ART DAN MAKING BED KEPADA IBU PKK DARI DESA CURUG WETAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16091Keywords:
Pelatihan, Merapikan Tempat Tidur, Seni Melipat HandukAbstract
Salah satu pendapatan yang tertinggi bagi hotel adalah dari hasil penjualan kamar kepada tamu. Oleh karena itu bagaimana menata kamar dengan baik menjadi hal yang sangat penting. Dalam penataan kamar, merapikan tempat tidur dan membuat seni melipat handuk akan menjadi daya tarik utama di kamar hotel dan hal yang sangat penting untuk dipelajari dan diketahui. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dari Ibu-Ibu PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) di Curug Wetan dalam merapikan tempat tidur dan melipat handuk di rumah masing-masing agar terlihat menarik. Pelatihan ini berupaya untuk meningkatkan keterampilan para Ibu-Ibu PKK dan dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen dari Fakultas Pariwisata Prodi Pengelolaan Perhotelan. Pola ajar dilakukan dengan workshop pembuatan towel art dan making bed bagi ibu-ibu PKK di desa curug wetan. Tim Pengbadian kepada Masyarakat akan memberikan pelatihan kepada ibu-ibu PKK di Desa Curug Wetan dengan kurang lebih 20 peserta. Tim Pengabdian kepada Masyarakat sangat mengharapkan kelancaran rencana-rencana yang akan dikembangkan oleh pihak desa Curug Wetan di kemudian hari demi kemajuan desa tersebut. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan ini, akan dilakukan metode pre-test dan post-test. Secara keseluruhan, kegiatan ini menunjukkan upaya yang baik dalam menyusun acara yang terstruktur, menyediakan materi yang relevan, dan melibatkan peserta secara aktif. Evaluasi positif ini dapat dijadikan dasar untuk memperbaiki kualitas pada masa mendatang.References
Afsheena, F. (2022). Pengertian Making Bed dan Prosedur Cara Melakukannya.
Anthonisz, A. (2014). Assessing the future of housekeeping operations in Dubai’s five-star hotel industry – room for innovation? Worldwide Hospitality and Tourism Themes, 6(4), 352–361. https://doi.org/10.1108/WHATT-01-2014-0005
Bharwani, S., & Mathews, D. (2016). Customer service innovations in the Indian hospitality industry. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, 8(4), 416–431. https://doi.org/10.1108/WHATT-04-2016-0020
Castro-Hernández, A., Swigger, K., & Ponce-Flores, M. P. (2015). Effects of Cohesion-Based Feedback on the Collaborations in Global Software Development Teams. EAI Endorsed Transactions on Collaborative Computing, 1(6), 150818. https://doi.org/10.4108/eai.21-12-2015.150818
Choy, M., Cheng, J., & Yu, K. (2021). Evaluating the environmental sustainability strategies of the housekeeping department: the case of an international hotel chain in Hong Kong, China. Tourism Critiques: Practice and Theory, 2(1), 115–132. https://doi.org/10.1108/trc-01-2021-0001
Das, D. (2019). Rooms Division Operations Management. https://www.academia.edu/30094574/Rooms_Division_Operations_Management
Enright, B. J., & Cooper, J. A. (1969). The housekeeping of housekeeping a library furniture and equipment inventory program. Program, 2(4), 125–134. https://doi.org/10.1108/eb046593
Goeltom, Adato, V., Gosal, M. T., Wongjaya, L. E., Tjandra, K., & Juliana, J. (2021). Pelatihan Produk Makanan dengan Kandungan Omega-3 Yang Tinggi Kepada Siswa SMKN 7 Tangerang Selatan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 304-310.
G. Raghubalan, S. R. (2015). Hotel_Housekeeping.
HotelTalk. (2022). 25 Towel Art & Bed Decoration Example for Bed Making.
Https://Hoteltalk.App/25-Towel-Art-Bed-Decoration-Example-for-Bed-Making/.
Hubner, I. B., Pramono, R., Maleachi, S., Pakasi, D. A., & Sitorus, N. B. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram dalam Promosi Produk Kuliner. TAAWUN, 1(02), 162-176.
Hubner, I. B., Tanyauw, E., Fernando, E., & Elroy, S. (2022). Pelatihan Membuat Kreasi Pizza Dengan Varian Khas Nusantara Kepada Smk Pariwisata Gema Gawita. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1835-1842
Hubner, I., Pramono, R., Sitorus, N. B., Agungputranto, A., Lemy, D. M., Parhusip, A., & Dwihadiah, D. L. (2022). Pengembangan Produk Wisata dalam Mewujudkan Pariwisata Berkualitas di Kampung Keranggan Tangerang Selatan. TAAWUN, 2(01), 58-71
Hubner, I. B., Lindy, A., Nurintan, N., & Juliana, J. (2020). Pemanfaatan Bubuk Daun Kelor (Moringa Oleifera) Sebagai Substitusi Dari Tepung Terigu Pada Pembuatan Lidah Kucing. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6(2)
Hubner, I.B., Tanyauw, E., Fernando, E., Elroy.S. (2022) Pelatihan Membuat Kreasi Pizza Dengan Varian Khas Nusantara Kepada SMK Pariwisata Gema Gawita J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Juliana, J., Pramezwary, A., Wowor, W. M., Maleachi, S., & Goeltom, D. R. (2020, November). Pengenalan dan Pelatihan Mengenai Cloud Kitchen–Small Business Culinary: Dessert Kepada Siswa-Siswi SMA/SMK. In Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum (Vol. 1, No. 2, pp. 53-60).
Juliana, J., Maleachi, S., Yulius, K. G., & Situmorang, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Salad Sayur Hidroponik dan Cara Pemasaran yang Tepat dalam E-Commerce. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 208-216
Juliana, J., Kanggeyan, M.P.,Sherly. S (2020) , Pembuatan Kreasi Produk camilan dodol asam jawa menggunakan pengujian organoleptic Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran
Juliana, J., Pramono, R., Sianipar, R., & Indra, F. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Mengenai Professional Ethics Dan Social Responsibilities For Hospitality And Tourism [Introduction And Training On Professional Ethics And Social Responsibilities For Hospitality And Tourism]. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 5(2), 426-433.
Juliana, J., Sitorus, N. B., Kristiana, Y., Ardania, J., & Natalie, N. (2021). Pengenalan Daya Tarik Wisata Kampung Batu Malakasari Bagi Siswa-Siswi SMK Jakarta Wisata I Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(02), 102-110.
Juliana, J., Hubner, I. B., Sihombing, S. O., Pramono, R., & Hidayat, J. (2022). Training On Marketing Strategies In The Utilization Of Bamboo Creations As A Resource Of Life As Hotel And Culinary Amenities. Journal of Community Service and Engagement, 2(4), 29-41
Kappa, M.M. and Nitschke, A. (2014). Managing Housekeeping Operations. Michigan: AHLA.
O’Neill, S. (2018). Talking point: why is it important for housekeeping to clean green?”, available at: www. greenhotelier.org/best-practice-sub/talking-point/talking-point-why-is-it-important-for-housekeepingto-clean-green/.
Pramono, R., Adato, V., & Rudyanto, J. (2019). Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis jejaring Media Sosial kepada Masyarakat Desa Curug Wetan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1106-1112.
Pramono,R., Juliana, J. (2021), Procurement of Uniform Facilities and Infrastructure as Tourist Attraction For The Keranggan Rural Tourism , South Tangerang City Journal of Community Service and Engagement
Sharma, P. (2023). Destination evangelism and engagement: Investigation from social media-based travel community. Electronic Commerce Research and Applications, 57. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2022.101228
Sianipar, R. J. J. C. C. (2023). Procedure Housekeeping.
Sihombing, S. O., Juliana, J., Hubner, I. B., Pramono, R., & Hidayat, J. (2023). Bamboo Design Training for hotel and culinary amenities at the Bamboo Community of Sukabumi Regency. Jurnal Nusantara Mengabdi, 2(2), 99-107
Undang-Undang. (2014). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA. https://doi.org/10.1145/2904081.2904088
V. Nonot Yuliantoro, Juliana, Indriany Sartjie Tanakotta, Jennifer Aurelia Tanuwihardja, & Rut Susanto. (2023). Pelatihan Pembuatan Dessert Bagi Masyarakat Desa Curug Wetan. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.531
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosianna Sianipar, Juliana Juliana, Ira Brunchilda Hubner, Amelda Pramezwary, Sabrina Oktaria Sihombing, Reza Adjah, Theresia Chandra, Evelyn Wijaya, Jeremy Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.