PELATIHAN HYGIENE DAN SANITASI BAGI PELAKU USAHA KULINER DI DESA WISATA HUTA SIALLAGAN SAMOSIR

Authors

  • Rosianna Sianipar Universitas Pelita Harapan
  • Juliana Juliana Universitas Pelita Harapan
  • Sandra Maleachi Universitas Pelita Harapan
  • Nova Bernedeta Sitorus Politeknik Pariwisata Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16081

Keywords:

Desa Wisata Huta Siallagan, Hygiene, Sanitasi, Usaha Kuliner

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan dibagi menjadi dua sesi yaitu bagaimana menjaga kebersihan/hygiene bagi pelaku usaha makanan dan minuman serta bagaimana menjaga sanitasi bagi pelaku usaha makanan dan minuman di Desa Wisata Huta Siallagan. Sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiata pengabdian masyarakat, saat ini yang diperlukan adalah sosialisasi dan pelatihan tentang hygiene dan sanitasi bagi pelaku usaha makanan dan minuman di Desa Wisata Huta Siallagan. Hal ini diperlukan sebagai peningkatan mutu pelayanan terhadap pengunjung dalam hal kebersihan makanan dan minuman. Berdasarkan analisis situasi dapat teridentifikasi bahwa hal-hal yang dihadapi terkait dengan kebersihan dan sanitasi adalah sebagai berikut: Belum ada standar operasional yang tetap dalam hal kebersihan bagi pelaku usaha makanan dan minuman di Desa Wisata Huta Siallagan. Belum ada standar operasional yang tetap dalam hal sanitasi bagi pelaku usaha makanan dan minuman di Desa Wisata Huta Siallagan. Perlu adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran mengenai hygiene dan sanitasi bagi pelaku usaha makanan dan minuman di Desa Wisata Huta Siallagan. Agar dapat mengukur keberhasilan kegiatan PKM ini,tim PKM  menerapkan metode pre tes dan pos tes yang akan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai peningkatan pengetahuan dan pemahaman para peserta terkait hygiene dan sanitasi. Rata-rata persentase peningkatan pemahaman peserta pada pos tes berkisar antara 70% hingga 97%, menunjukkan efektivitas pelatihan dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang kebersihan, sanitasi, dan praktik yang aman dalam lingkungan kerja. Namun, perlu diperhatikan bahwa pada beberapa pertanyaan terdapat penurunan pemahaman peserta setelah pelatihan, seperti pada penggunaan pestisida yang aman. Hal ini menunjukkan pentingnya evaluasi dan pengembangan strategi yang lebih efektif dalam menyampaikan materi tersebut.

References

Goeltom, Adato, V., Gosal, M. T., Wongjaya, L. E., Tjandra, K., & Juliana, J. (2021). Pelatihan Produk Makanan dengan Kandungan Omega-3 Yang Tinggi Kepada Siswa SMKN 7 Tangerang Selatan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 304-310.

Hubner, I. B., Pramono, R., Maleachi, S., Pakasi, D. A., & Sitorus, N. B. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram dalam Promosi Produk Kuliner. TAAWUN, 1(02), 162-176.

Hubner, I. B., Tanyauw, E., Fernando, E., & Elroy, S. (2022). Pelatihan Membuat Kreasi Pizza Dengan Varian Khas Nusantara Kepada Smk Pariwisata Gema Gawita. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1835-1842

Hubner, I., Pramono, R., Sitorus, N. B., Agungputranto, A., Lemy, D. M., Parhusip, A., & Dwihadiah, D. L. (2022). Pengembangan Produk Wisata dalam Mewujudkan Pariwisata Berkualitas di Kampung Keranggan Tangerang Selatan. TAAWUN, 2(01), 58-71

Hubner, I. B., Lindy, A., Nurintan, N., & Juliana, J. (2020). Pemanfaatan Bubuk Daun Kelor (Moringa Oleifera) Sebagai Substitusi Dari Tepung Terigu Pada Pembuatan Lidah Kucing. Jurnal Hospitality Dan Pariwisata, 6(2)

Hubner, I.B., Tanyauw, E., Fernando, E., Elroy.S. (2022) Pelatihan Membuat Kreasi Pizza Dengan Varian Khas Nusantara Kepada SMK Pariwisata Gema Gawita J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Indra, F., Juliana, J., Hubner, I. B., Pakasi, D., & Liha, S. M. (2023). Implementation of CHSE Based Health Protocol Policies in Yogyakarta Culinary Tourism. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum, 7(1), 118-126.

Juliana, J., Pramezwary, A., Wowor, W. M., Maleachi, S., & Goeltom, D. R. (2020, November). Pengenalan dan Pelatihan Mengenai Cloud Kitchen–Small Business Culinary: Dessert Kepada Siswa-Siswi SMA/SMK. In Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum (Vol. 1, No. 2, pp. 53-60).

Juliana, J., Maleachi, S., Yulius, K. G., & Situmorang, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Salad Sayur Hidroponik dan Cara Pemasaran yang Tepat dalam E-Commerce. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(2), 208-216

Juliana, J., Kanggeyan, M.P.,Sherly. S (2020) , Pembuatan Kreasi Produk camilan dodol asam jawa menggunakan pengujian organoleptic Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran

Juliana, J., Pramono, R., Sianipar, R., & Indra, F. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Mengenai Professional Ethics Dan Social Responsibilities For Hospitality And Tourism [Introduction And Training On Professional Ethics And Social Responsibilities For Hospitality And Tourism]. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 5(2), 426-433.

Juliana, J., Sitorus, N. B., Kristiana, Y., Ardania, J., & Natalie, N. (2021). Pengenalan Daya Tarik Wisata Kampung Batu Malakasari Bagi Siswa-Siswi SMK Jakarta Wisata I Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(02), 102-110.

Juliana, J., Hubner, I. B., Sihombing, S. O., Pramono, R., & Hidayat, J. (2022). Training On Marketing Strategies In The Utilization Of Bamboo Creations As A Resource Of Life As Hotel And Culinary Amenities. Journal of Community Service and Engagement, 2(4), 29-41

Kusnedi, R., Sitorus, N. B., Setiawan, B., Fahruroji, D., & Prawiro, J. (2022) Journal of Community Empowerment and Innovation Pengenalan Operasional Hotel Bagi Siswa-Siswi Smk Negeri 7 Kota Tangerang. Journal of Community Empowerment and Innovation, 1(1), 2022–2061. https://doi.org/10.47668/join.v1i1.420

Pramono, R., Adato, V., & Rudyanto, J. (2019). Pelatihan Pemasaran Produk Berbasis jejaring Media Sosial kepada Masyarakat Desa Curug Wetan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1106-1112.

Pramono,R., Juliana, J. (2021), Procurement of Uniform Facilities and Infrastructure as Tourist Attraction For The Keranggan Rural Tourism , South Tangerang City Journal of Community Service and Engagement, 2021

Rahmawati, D., Handayani, R. D., & Fauzzia, W. (2018). Hygiene dan Sanitasi Lingkungan di Obyek Wisata Kampung Tulip. In Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Sihombing, S. O., Juliana, J., Hubner, I. B., Pramono, R., & Hidayat, J. (2023). Bamboo Design Training for hotel and culinary amenities at the Bamboo Community of Sukabumi Regency. Jurnal Nusantara Mengabdi, 2(2), 99-107

Tanius, B., Widani, N. N., & Agustini, N. G. A. A. (2022). Pelatihan Food Hygiene and Sanitation Bagi Pelaku Kuliner Desa Bongan. ADMA?: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 1– 10. https://doi.org/10.30812/adma.v3i1.1771

V. Nonot Yuliantoro, Juliana, Indriany Sartjie Tanakotta, Jennifer Aurelia Tanuwihardja, & Rut Susanto. (2023). Pelatihan Pembuatan Dessert Bagi Masyarakat Desa Curug Wetan. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.531

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Sianipar, R., Juliana, J., Maleachi, S. ., & Sitorus, N. B. (2023). PELATIHAN HYGIENE DAN SANITASI BAGI PELAKU USAHA KULINER DI DESA WISATA HUTA SIALLAGAN SAMOSIR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4904–4913. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16081