PENGUATAN TATA KELOLA ADMINISTRASI TERHADAP PELAYANAN PUBLIKDI KELURAHAN POLOHUNGO KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Authors

  • Sofyan Alhdar Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Lisda Van Gobel Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Ellys Rachman Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Kurniadi K. Hasan Universitas Bina Taruna Gorontalo
  • Mohamad Putra Adam Universitas Bina Taruna Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16064

Keywords:

Tata Kelola Administrasi, Pelayanan Publik, Pengabdian, Kelurahan Polohungo

Abstract

Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman mengenai tata kelola administrasi dalam pelayanan publik di Kelurahan Polohungo, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan meliputi model diskusi dan pelatihan. Peserta yang terlibat terdiri dari 5 perwakilan pemerintah kelurahan, 10 anggota masyarakat, 5 dosen, dan 26 mahasiswa aktif dari Universitas Bina Taruna Gorontalo. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan beberapa hal penting. Pertama, Pemerintah Kelurahan Polohungo berhasil memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai prinsip-prinsip administrasi publik, seperti perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan evaluasi dalam konteks pelayanan publik. Kedua, masyarakat Polohungo mengalami peningkatan pemahaman dan dapat mengetahui hak-hak mereka saat menerima pelayanan publik. Ketiga, terjalinnya kerjasama yang baik antara pemerintah Kelurahan Polohungo dan Kampus Universitas Bina Taruna Gorontalo. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berhasil memperkuat pemahaman tentang tata kelola administrasi dalam memberikan pelayanan publik.

References

Amalia, E., & Supriatna, Y. (2017). Perancangan sistem informasi administrasi kependudukan sebagai pengembangan egovernment. In Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Vol. 2, No. 1).

Anwaruddin, A. (2004). Pasang Surut Paradigma Administrasi Publik. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 1(2), 1-16.

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2021). Sosialisasi Pelatihan Untuk Meningkatkan Prestasi Kerja Karyawan Di Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan Medan. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48-53.

Marliani, L. (2018). Metamorfosis Admiistrasi Negara. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 1-7.

Pudjiastuti, S. R., Ilis, N., & Ati, H. M. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Pemahaman Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(2), 133-138.

Tm, I. (2020). Akuntabilitas Dengan Metode Cebperdis Pada Pelatihan Dasar CPNS. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 839-858.

Yunita, S. (2021). Pelatihan Penerapan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di RS Muhammadiyah Medan. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 59-64.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Alhdar, S. ., Gobel, L. V. ., Rachman, E. ., Hasan, K. K. ., & Adam, M. P. . (2023). PENGUATAN TATA KELOLA ADMINISTRASI TERHADAP PELAYANAN PUBLIKDI KELURAHAN POLOHUNGO KECAMATAN LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4697–4704. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16064