SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK GURU DI SDN 2 LINGSAR

Authors

  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram
  • Khairun Nisa Universitas Mataram
  • Mega Puspitasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.16056

Keywords:

Sosialisasi, Model Pembelajaran, Pembelajaran Abad 21

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk melakukan sosialisasi model-model pembelajran Abad 21. Kegiatan ini dilakukan untuk membuka wawasan guru terkait model pembelajaran terkini. Model pembelajaran ini mendukung tercapainya keterampilan pembelajaran Abad 21 berupa keterampilan berkomunikasi, kreativitas, berfikir kritis dan pemecahan masalah, dan berkolaborasi. Kegiatan dilaksanakan di SDN 2 lingsar dengan peserta Kepala Sekolah dan Guru. Kegiatan ini dimulai dari tahap identifikasi masalah dilapangan dilanjutkan dengan koordinasi bersama tim pengabdian dan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh kepala sekolah dan guru.

References

Kemendikbud. Pembelajaran Abad 21.

https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/sahabatkarakter/kegiatan/93212a18-7b1e-4f4e-9919-51129308a785.pdf. Diakses 20 Desember 2022.

Rachmah, Huriah. (2014). Pengembangan Profesi Pendidikan IPS. Alfabeta: Bandung.

Rosnaeni. (2019). Karakteristik Dan Assesment Pembelajaran Abad 21. Basicedu: 4334-4339.

Syahputra, Edi. (2018). Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Prosiding: 1276-1283.

Susilo, A. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 Dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia, 43-50.

Sari, RT & Angreni, Siska. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa. Varia Pendidikan: 79-83

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nurhasanah, N., Nisa, K. ., & Puspitasari, M. . (2023). SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK GURU DI SDN 2 LINGSAR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 938–940. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.16056