KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SDN 87 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ariani Ariani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elyusra Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Syanurdin Syanurdin Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Man Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16034

Keywords:

Kampus Mengajar, Peningkatan Literasi Dan Numerasi, Pendidikan

Abstract

Program meningkatkan literasi dan numerasi di SDN 87 Kota Bengkulu adalah salah satu satu dari program kerja kelompok kami sebagai mahasiswa kampus mengajar angkatan 5. Untuk program meningkatkan literasi dan numerasi ini disuruh lansung oleh Bapak Kepalah sekolah SDN 87 Kota Bengkulu. Untuk kegiatan meningkatkan literasi kami membuakak bimbingan ayo membaca, program ini dibuat untuk membimbing peserta didik yang belum lancar membaca setiap pagi selama 15 menit yang dilakukan diruangan perpustakaan. Kegiatan ini di ikuti oleh peserta didik dari kelas 1 sampai kels 5. Untuk kegiatan numerasinya kami mahasiswa kampus mengajar angkatan 5 mengajak siswa unuk pengenalan aritmatika dasar, numerasi penjumlahan,pembagian, perkalian, dan penguranagan. Pada anak tingkat atas untuk melatih anak semakin meyukai matematika.

References

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221Arumsari, W., Cahyani, A. T., Monica, A., Sabila, N. H., Zhafirah, H., Septianingsih, E. N. A., & Budi, S. I. K. S. (2022). Peningkatan Literasi , Numerasi , Adaptasi Teknologi , Administrasi Sekolah

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M).1(3), 161Widiyono, Aan., Saidatul Irfana, dan Kholida Firdausia. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metode Diktatik Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 16(2),102-107

Cranton, P. 2009. Understanding and Promoting Transformative Learning?: A Guide for Educators of Adults. Canadian Journal of University Continuing Education.

Cranton, P., & King, K. P. 2003. Transformative learning as a professional development goal. New Directions for Adult and Continuing Education, 98, 31– 37.

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. 2018. Literasi numerasi untuk sekolah dasar. Malang: UMMPress.

Indarta. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Marisa. (2021). Inovasi Kurikulum „Merdeka Belajar? Di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72–83.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Ariani, A., Rustinar, E. ., Elyusra, E., Syanurdin, S., & Hakim, M. . (2023). KONTRIBUSI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR 5 DALAM MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI SDN 87 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4596–4601. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16034