GAMBARAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA YANG MENGALAMI HAMBATAN PRESENTASI

Authors

  • Ira Puspita Anggraini Universitas Negeri Surabaya
  • Ira Darmawanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16029

Keywords:

Kepercayaan Diri, Hambatan Presentasi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kepercayaan diri pada siswa yang mengalami hambatan dalam melakukan presentasi dan mendapatkan informasi mengenai strategi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada proses belajar. Metode penelitian kualitatif digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan studi kasus. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan in deep interview dan Observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data bersumber dari Miles and Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data Triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa partisipan memiliki kepercayaan diri yang kurang dalam melakukan presentasi. Kurangnya kepercayaan diri disebabkan siswa tidak memiliki aspek rasional dan realistis dalam dirinya. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa memiliki perasaan yang sensitif dalam melakukan presentasi atau mencoba hal yang baru. Adanya penelitian ini diharap bisa bermanfaat bagi seluruh pihak khususnya untuk subjek penelitian agar lebih memahami dirinya sendiri, selain itu subjek dapat memiliki kepercayaan diri yang lebih baik, sehingga siswa mampu meningkatkan kepercayaan diri yang lebih baik dalam proses pembelajaran berlangsung.

References

Alawiyah, D., Nurasmi, N., Asmila, N., & Fatasyah, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa. RETORIKA?: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4(2), 104–113. https://doi.org/10.47435/retorika.v4i2.1201

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Hidayah, N. & Silaen, S. M. . (2019). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Remaja (siswa SMP) di Rusunawa Jatinegara Barat. Ikraith-Humaniora, 3 (1)(1), 46–52.

Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(03), 1–11.

Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4489

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa SMP. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh Open-Ended terhadap Prestasi Belajar, Berpikir Kritis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal pendidikan Matematika, 10(1), 95–105.

Lauster, P., & Gulo, D. . (2012). Tes Kepribadian. Bumi Aksara.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif Di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3). https://doi.org/https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Nisa Safitri, E. D., Hendriana, H., & Siddik, R. R. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sma Kelas Xi Pada Masa Pandemi Covid-19. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(1), 9. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i1.8784

Nurlaela, S., Hendriana, H., & Alawiyah, T. (2022). Gambaran Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Vii. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 5(4), 277. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i4.8432

Puspitasari, R., Basori, M., & Aka, K. A. (2022). Studi Kasus Rasa Kurang Percaya Diri Siswa Kelas Tinggi SDN 3 Tanjungtani Pada Saat Menyampaikan Argumennya Di Kelas dan Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 325–335. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.738

Robandi, I. (2008). Becoming The Winner. Andi.

Santosa, E. (2005). Terampil Presentasi. Grasindo.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. Kanisius.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. Alfabeta.

Surbakti A, Widyasana, B. P. A., Siregar, H. W.O., Sinurat, J. M. T., Nasution, M. F. R., Tresna, N. R., & Nadeak, R. (2022). A Study Of Carl Rogers Humanistic Theory On Self-Confidence In Broken Home Children. Jurnal Darma Agung, 30(1), 969–978.

Wati, I., Wati, I., Sarinah, S., Hartini, S., & Hartini, S. (2019). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Body Image Pada Siswi Kelas X Sma. Jurnal Ilmiah Psyche, 13(1), 01–12. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v13i1.548

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Anggraini, I. P. ., & Darmawanti, I. . (2023). GAMBARAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA YANG MENGALAMI HAMBATAN PRESENTASI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4565–4571. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.16029