PELATIHAN MANAJEMEN BISNIS DAN PEMASARAN ONLINE BAGI UMKM DI BERBAGAI PROVINSI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15990Keywords:
Pelatihan Manajemen Bisnis, UMKM, Pemasaran Online.Abstract
Artikel ini membahas pelatihan yang dirancang khusus untuk UMKM di berbagai provinsi dengan fokus pada manajemen bisnis dan pemasaran online. UMKM di era digital saat ini menghadapi tantangan dalam mengembangkan bisnis mereka dan memanfaatkan potensi pemasaran online. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada UMKM agar dapat mengoptimalkan strategi pemasaran online dan meningkatkan daya saing bisnis mereka. Metode pelatihan dilakukan secara daring dengan melibatkan peserta dari Aceh, Batam, Pekan Baru, Jakarta, Sumatera Selatan, dan Magelang. Kegiatan pelatihan meliputi diskusi kelompok daring, pembagian materi pelatihan dalam bentuk video ke dalam grup pelatihan, dan sesi tanya-jawab interaktif. Melalui kegiatan ini, peserta dapat berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang manajemen bisnis dan pemasaran online. Pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing bisnis UMKM, membangun jaringan baru, dan mendorong implementasi praktik terbaik dalam operasional bisnis. Diharapkan bahwa pelatihan ini akan menghasilkan hasil positif, termasuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, pengembangan strategi bisnis yang lebih efektif, dan peningkatan kinerja bisnis secara keseluruhan.References
Ezizwita, E., Masruri, M. E. Y. F., & Sukma, T. (2019). Pelatihan Manajemen Usaha Dan Peningkatan Promosi Untuk Pengembangan UMKM Makanan Ringan. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 1197-1204.
Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4(2), 120-125.
Permatasari, M. P., & Endriastuti, A. (2020). Pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai alat pemasaran bagi UMKM di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 91-99.
Raharja, S. U. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan usaha umkm di masa pandemi melalui optimalisasi penggunaan dan pengelolaan media digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108-123.
Riyadi, N., & Mujanah, S. (2021). Strategi Pemasaran dan Pendampingan Manajemen Usaha Kelompok Usaha Kecil Kerupuk di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah Abdi Mas TPB Unram, 3(1).
Wali, M. (2022). Pelatihan Manajemen Pengembangan Usaha bagi UMKM Provinsi Aceh. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 3(1), 33-38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Titin Endrawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.