PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH TERAKREDITASI SINTA

Authors

  • Bambang Irawan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Nur Rahmah Wahyuddin Universitas Ichsan Sidrap
  • Astriana Baiti Sinaga Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Suesilowati Suesilowati Universitas Pertiwi
  • Teddy Tjahyanto Universitas Tarumanagara
  • Ahmad Muktamar B Institut Lamaddukkelleng Sengkang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15965

Keywords:

Karya Tulis Ilmiah, Pengetahuan, Keterampilan, Pengabdian Kepada Masyarakat.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 1 Maret 2023. Peserta kegiatan berasal dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, guru, dan dosen, dengan total 28 peserta. Abstrak ini menjelaskan latar belakang pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta. Isu-isu terkait dengan masalah tersebut dan kajian penelitian atau kegiatan pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan tema kegiatan juga diuraikan. Penelitian dan pengabdian sebelumnya yang telah dilakukan oleh pengabdi lain atau pengabdi sendiri memberikan dasar kuat untuk kegiatan ini. Metode pelaksanaan kegiatan melibatkan penggunaan aplikasi Zoom sebagai platform online. Peserta diberikan materi dan pelatihan interaktif mengenai teknik penulisan yang benar, struktur karya tulis ilmiah, penggunaan referensi yang tepat, dan metode penelitian yang relevan. Kolaborasi dan diskusi antara peserta juga menjadi bagian penting dalam kegiatan ini. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta berhasil meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran tentang penyusunan karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta. Mereka dapat menerapkan keterampilan praktis yang diperoleh dalam menyusun karya tulis ilmiah berkualitas tinggi. Evaluasi kepuasan peserta juga menunjukkan hasil yang positif, menegaskan keberhasilan kegiatan dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam kesimpulan, kegiatan ini memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran peserta dalam penyusunan karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta. Dampak positif dari kegiatan ini diharapkan akan berlanjut dalam jangka panjang, melalui peningkatan jumlah dan kualitas karya tulis ilmiah terakreditasi Sinta yang dihasilkan oleh peserta, serta pengembangan ekosistem pengetahuan yang lebih kuat dan inovatif.

References

Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bebas Plagiarisme Untuk Mahasiswa Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Lian, Y. P., Amaral, M. A. L., Goetha, S., Watu, E. G. C., & Manafe, D. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Pemanfaatan Software Mendeley Pada Anggota PMKRI Kupang. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).

Ma’ruf, M. I., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia (STIE-PI) Makassar dalam penulisan karya ilmiah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.

Rawa, N. R., Laksana, D. N. L., & Nurfahrudianto, A. (2021). Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Citra Bakti Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa STKIP Citra Bakti Sharing Session: Pencegahan Tindakan Plagia. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 607–612.

Ruru, Y., Hutabarat, I. M., & Turua, U. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi SPSS Bagi Guru-Guru SMP untuk Menunjang Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Papua, 3(3), 96–99.

Sobri, A. Y., Juharyanto, J., Prestiadi, D., & Miftachul’Ilmi, A. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Negeri. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 59–67.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, A., Setyonegoro, A., & Priyanto, P. (2021). Optimalisasi Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Tata Cara Publikasi di Open Jurnal System (OJS) V. 2 dan 3. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(2), 88–91.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Irawan, B. ., Wahyuddin, N. R. ., Sinaga, A. B., Suesilowati, S., Tjahyanto, T. ., & B, A. M. . (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH TERAKREDITASI SINTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4435–4441. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15965