PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU-GURU PAUD DI KABUPATEN JAYAPURA (SENTANI) MELALUI WORKSOP PENDIDIKAN INKLUSIF

Authors

  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ivone Sole Babys Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Ariati Ariati Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Florence A. Boray Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Konny F. Daisiu Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sintje Sbortje Ogobue Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15905

Keywords:

Workshop, Guru Paud, Pendidikan Inklusif

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu rendahnya pengetahuan guru PAUD tentang Pendidikan Inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan hasil dari pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan workshop pendidikan inklusif yang dilaksanakan di Kabupaten Jayapura yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru Paud di Kabupaten Jayapura tentang Pendidikan inklusi. Kegiatan workshop diawali dengan pemberian pre test, pemberian materi, tanya jawab, praktek menyusun Program Pembelajaran Individual, mempresentasikan hasil kerja mereka dan diakhiri pemberian post test. Hasil yang didapat dari 30 peserta yang mengikuti pre test, 14 peserta mendapatkan nilai < 50 (46,6%), 14 peserta mendapatkan nilai 50-70 (46,6%) dan  2 peserta yang mendapatkan nilai > 70 (6,6%). Hasil post test dari 30 peserta, 13 peserta mendapatkan nilai < 50 (43,3%), 10 Peserta mendapatkan nilai 50-70 (33,3%) dan 7 peserta mendapatkan nilai >70 (23,3%). Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 16,7 % terhadap peserta yang mendapatkan nilai > 70 sehingga terlihat adanya peningkatan pemahaman guru Paud setelah mengikuti kegiatan workshop.

References

Alfia Miftakhul Jannah1, A. S. (2021). MODEL LAYANAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Dakwah.

Farah Arriani, d. (2021). Panduan Penyusunnan Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Risten dan Teknologi.

Fitrianah, N. (2018). Meningkatkan Minat Belajar Anak Inklusi melalui Model Pull Out di MI Nurul Huda Kalanganyar Sedati . Umsida.

H, S., & Sukadari, H. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Kemendikbud. (2008). Permendiknas no, 32.

Kemendikbud. (2009). Permendiknas No. 70 Tahun 2009. Permendiknas No.70 Tahun 2009.

Paud, D. (2021). Mengenal Bentuk Intervensi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Kemendikbudristek.

Purnama, A. (2017). Optimalisasi Ketrampiloan Sosial Melalui Bermain Kooperatif Pada Paud Inklusif. Proseding Seminar Nasional Unibrow.

RI, P. (2016). UU Disabilitas No. 8 Tahun 2016.

Yunanini, N. (2021). Model Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam settingan Pendidikan Inklusif . Jurnal of Elementary School Education.

Yuwono, J. (2021). Bukiu Saku Penyelenggaraan Pendidikan . Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Yunitasari, S. E. ., Babys, I. S. ., Ariati, A., Boray, F. A. ., Daisiu, K. F. ., & Ogobue, S. S. . (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN GURU-GURU PAUD DI KABUPATEN JAYAPURA (SENTANI) MELALUI WORKSOP PENDIDIKAN INKLUSIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4323–4329. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15905