WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 JAGOI BABANG (SEKOLAH PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA)

Authors

  • Imran Imran Universitas Tanjungpura
  • Iwan Ramadhan Universitas Tanjungpura
  • Stella Prancisca Universitas Tanjungpura
  • Okianna Okianna Universitas Tanjungpura
  • Nining Ismiyani Universitas Tanjungpura
  • Anindya Zalianty Universitas Tanjungpura
  • Feru Aryan Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15903

Keywords:

Workshop, Implementasi Kurikulum Merdeka, Sekolah Perbatasan

Abstract

Tujuan kegiatan workshop ini untuk memperdalam dan memperkuat pengetahuan guru terhadap implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan. Sasaran kegiatan ini kepada guru-guru di SMA Negeri 1 Jagoi Babang. Diperlukan pelatihan tentang implementasi kurikulum merdeka untuk menjawab tantangan yang semakin kompetitif dan motivasi terbesar dari pengabdi adalah mampu memberikan dan membagikan ilmu yang dimiliki sehingga dapat membantu meningkatkan wawasan guru dan mengatasi permasalahan yang sering timbul dalam proses pendidikan di sekolah, khususnya di di SMA Negeri 1 Jagoi Babang. SMA Negeri 1 Jagoi Babang merupakan sekolah berada di perbatasan Indonesia-Malaysia, sehingga melalui pelatihan setidaknya dapat memperkuat wawasan guru yang berada di wilayah perbatasan dan cenderung jauh dari perhatian langsung pemerintah. Peningkatan SDM dan sarana dan prasarana merupakan faktor penentu keberhasilan luaran peserta didik yang diharapkan. Metode pelatihan yang dilakukan diantaranya tim PKM disambut dengan baik pihak sekolah, penyampaian sambutan, acara inti dan diskusi atau proses tanya jawab dari tim PKM dan peserta pelatihan yang dibantu oleh mahasiswa. Hasil kegiatan pelatihan yaitu kegiatan berjalan lancar dan guru aktif dalam mengikuti pelatihan yang diberikan, kemudian adanya diskusi bersama dosen terkait implementasi kurikulum merdeka.

References

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Hutabarat, H., Harahap, M. S., & Elindra, R. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 58–69.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947-9957.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(2), 76–87.

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka: peran dan tantangan dalam lembaga pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.

Ramadhan, I., & Warneri, W. (2023). Migrasi Kurikulum: Kurikulum 2013 Menuju Kurikulum Merdeka pada SMA Swasta Kapuas Pontianak. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 741–750.

Ramadhan, I., Firmansyah, H., Imran, I., Purnama, S., & Wiyono, H. (2023). Transformasi Kurikulum 2013 Menuju Merdeka Belajar Di Sma Negeri 1 Pontianak. VOX. EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–62.

Ramadhan, I. (2023). Independent Curriculum: Implementation Of Social Science And Arts And Culture Learning Through P5 At Sma Negeri 10 Pontianak. Jurnal Scientia, 12(02), 1859–1866.

Rohimat, S., Sanusi, S., & Munthahanah, M. (2022). Diseminasi Platform Merdeka Mengajar Untuk Guru Sma Negeri 6 Kota Serang. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 124–132.

Sakur, S., Hutapea, N. M., Armis, A., & Heleni, S. (2023). Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran bagi Guru Matematika SMP/Mts Kabupaten Inhu dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 3(1), 30–43.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01).

Septiani, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Pembelajaran Matematika dan Pelaksanaan P5 (Studi di SMAN 12 Kabupaten Tangerang). AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 421–435.

Solehudin, D., Priatna, T., & Zaqiyah, Q. Y. (2022). Konsep Implementasi Kurikulum Prototype. Jurnal Basicedu, 6(4), 7486–7495.

Suardipa, I. P. (2023). Lini Masa Kebijakan Kurikulum Merdeka dalam Tatanan Kotruksi Mutu Profil Pelajar Pancasila. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2).

Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Educatio, 1(1), 115–132.

Yunita, Y., Zainuri, A., Ibrahim, I., Zulfi, A., & Mulyadi, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 16–25.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Imran, I., Ramadhan, I., Prancisca, S., Okianna, O., Ismiyani, N., Zalianty, A., & Aryan, F. (2023). WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 1 JAGOI BABANG (SEKOLAH PERBATASAN INDONESIA-MALAYSIA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4747–4751. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15903