IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DAN DAMPAKNYA TERHADAP BUDAYA LITERASI SISWA SDN 58 KOTA BENGKULU

Authors

  • Anjela Ramadani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elfahmi Lubis Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amnah Qurniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Riko Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15902

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, SDN 58 Kota Bengkulu

Abstract

Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk membantu meningkatkan literasi,numerasi,adaptasi teknologi dann administrsi sekolah.Hadirnya program kampus mengajar ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill nya.Tujuan penelitian iinii untuk mengetahui implemetasi program kampus mengajar ,hambatn yang dihadapi serta dampak dari program kampus mengajar terhadap budaya literasi  siswa di SDN 58 Kota Bengkulu.Penelitian ini meggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan dari data yang telah diambil menunjukan bahwa bentuk implementasi program kampus mengajar angkatan 5 di SDN 58 Kota Bengkulu berupa pembuatan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS),pembuatan media pojok baca,mengaktifkan kembali perpustakaan dan mading sekolah, serta mengadakan les bahasa inggris.Hambatan yang dihadapi dalam pengimplementasian kampus mengajar yakni kurangnya dukungan dari pihak sekolah serta sarana dan prasarana yang tidak memadai.Adapun dampak dari implementasi program kamus mengajar angkan 5 terhadap budaya literasi siswa dapat dilihat dari hasil tes kemampuan literasi siswa dengan menggunakan portal  MBKM ayang menunjukan bahwa adanya perubahan sebesar 23,42% dari rentan 0-100%.Jadi program-program yang telah di implementasikan oleh mahasiswa kampus mengajar telah memberikan dampa terhadap budaya literasi siswa,meskipun sedikit jika diukur dari rentang yang ditentukan.

References

Bachri,B.S, (2010).Meyakinkan Validitas Data Melalui Triagulasi Pada Penelitian KualitatiTeknologi Pendidikan,10,46-62.

Dirjen Pendidikan Tinggi (2020).Buku Panduan MBKM.Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,1-42.

Direktorat Jenderal Pendidikn Dasar dan Menengah (2016).Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah.Jakarta : Dirjen Dikdasmen.

Dwi Noerbella (2022). Impelemntasi Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numersi Peserta Didik.Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2),480-489.

Fauzi,T.I.,Astuti,N.P, & Rahmawati,D.N.U.(2021).Program Kampus Mengajar (Pkm) SebagaiUsaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di Sdn 127 Sungai Arang,Bungo Dani,Kabupaten Bungo,Provinsi Jambi. Jurnal BUDIMAS, 03(02), 483-490

Herianto, E. (2022). Strengthening Discipline Character and Student Learning Outcomes through Implementation of Portfolio Assignments in E-Learning.21-27.

Huda, M., Maseleno,A., The,K.S.M., Don,A.G.,Basiron, B.,Jasmi, K.A.,Mustari,M.I.,Nasir,B.M., & Ahmad, R. (2018).Understanding Modern Learning Environment (MLE) in big dataera.Intrenational Journal of Emerging technologies in learning,13(5), 71-85.

Imail,M.,Zubair,M.,Herianto,E.,& Alqadri,B., (2019).Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram Mataram,11-12 Oktober 2019 Pelatihan Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif pada guru-guru Ma/M.Ts Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela Mataram.11-12.

Khikmah,N. (2020).Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3, 123-130.

Madiana,I.,Alqadri,B.,Sumardi,L., & Mustari,M. (2002).Penerapan Kebijakan Sistem Zonasi Serta Dampaknya terhadap Kesetaraan Hak Memperoleh Pendidikan.Jurnal Ilmiah Profesi Pedidikan,7(2c),735-740.Manajemen,J., & Gunungsari, D.I.S. (2022). A nazhim.4(1).232-259.

Marjan Fuandi.T. (2022) Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm): Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi.Prosiding Seminar Nasional Biotik,9(2),38.

Mata Ratu,E.N.,Gerak,S.S., & Samo,d.d.(2020). Aalisis Kesalahan Mahasiswa Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Turunan Parsial.RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika,2(1),38-46. Moeloeng (2015).Metodologi Penenlitian Kualitatif (p.6) PT REMAJA ROSDAKARYA.

Mustari,M (2012).Pengantar Metode Penelitian.Yogyakarta:Laksbang Pressindo.

Pedagogik,P.K.,Kerja,D., & Mulyadi,A.(2021).Kondisi Lingkungan Sekolah Terhadap

Kinerja Guru Sma Negeri 1 Soppeng.1(1),1-7.

Rodiyah,R.(2021).Implementasi Merdeka Belajar Kmapus Merdeka di Era Digital Dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional.Jurnal Nasional Hukum,7(2),425-434.

Sabrina,L.M.(2022).Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan

Numerasi Siswa Sekolah Dasar .Jurnal Basicedu,6(1),912-924.

Sisingamangaraja,J.,Baru,K., & Selatan,J.(2022).Dampak Program Kampus Mengajar Terhadap

Ketrampilan Memberikan Layanan Bibingan Konseling di Sekolah Dasar:Studi Kualitatif

Pada Mahasiswa BKI Universitas Al-azhar Indonesia.7(1) 66-72.

Sugiyono (2015).Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan

R&D.Bandung:Alfabeta

Yulianti Zubair,M., & Alqadri,B. (2022).Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman Lesson Study

Penerapn Model Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman.9(1),17-25.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Ramadani, A. ., Lubis, E., Qurniati, A. ., & Adriadi, R. . (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DAN DAMPAKNYA TERHADAP BUDAYA LITERASI SISWA SDN 58 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4316–4322. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15902