LITERASI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SMKN 1 GOWA BERBASIS AI

Authors

  • Suryani Suryani Universitas Dipa Makassar
  • Hasriani Hasriani Universitas Dipa Makassar
  • Nurlindasari Tamsir Universitas Dipa Makassar
  • Husain T Universitas Dipa Makassar
  • Herlinda Herlinda Universitas Dipa Makassar
  • Thabrani Thabrani Universitas Dipa Makassar
  • Abdul Rauf Universitas Dipa Makassar
  • Muh. Syahlan Natsir Universitas Dipa Makassar
  • Nirwana Nirwana Universitas Dipa Makassar
  • Marsa Marsa Universitas Dipa Makassar
  • Asrul Syam Universitas Dipa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15888

Keywords:

Pelatihan IT, Aplikasi, Artificial Intelligence, Pictory AI, ChatGPT, Media Pembelajaran

Abstract

Mayoritas Guru SMK Negeri 1 Gowa menggunakan Power Point sebagai media pembelajaran dalam menunjang proses belajar mengajar di kelas. Seiring dengan perkembangan teknologi, upgrade pengetahuan dan penguasaan teknologi menjadi suatu tuntutan kewajiban khususnya bagi guru agar tidak mengalami ketertinggalan teknologi. Media pembelajaran semakin beragam dan menyajikan berbagai fitur menarik dan kemudahan bagi pengguna. Hal tersebut memotivasi tim pengabdi untuk melakukan edukasi dan juga pelatihan IT menggunakan aplikasi Artificial Intelligence (AI) yaitu Pictory AI dan ChatGPT agar dapat mendukung pengembangan media pembelajaran Guru SMK Negeri 1 Gowa. Metode yang digunakan adalah anailisis data dengan cara melakukan wawancara langsung dengan Kepala Sekolah dan pretest bagi Guru, yang kedua metode problem solving yang dilakukan dengan presentasi, pelatihan sekaligus pendampingan, yang ketiga adalah evaluasi yaitu memberikan posttest bagi Guru. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat adalah peningkatan pengetahuan sebesar 93,84615 % tentang google drive sebagai media penyimpanan digital dan pengembangan media pembelajaran melalui penguasaan penggunaan aplikasi AI dalam membuat video pembelajaran yang lebih menarik, cerdas dan responsif. 

References

Anggraeni, M. D., Mucharromah, R., Taqiyya, B. Z., Fadilah, R. E., Mahardika, I. K., & Yusmar, F. (2023). Perkembangan Teknologi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. FKIP e-PROCEEDING, 1–5.

Astuti, W., Arifah, S., Nurhamami, S., Wonokusumo, S., 45 Surabaya, V. /, Lor, J. W., No, B., 21, K., & Surabaya, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V SDN Wonokusumo VI/45. Journal on Education, 05(02), 3114–3119.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka kerja sistem kecerdasan buatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(1), 19–24.

Dewi, S. Z., & Hilman, I. (2019). Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48–53.

Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal on Education, 5(2), 5289–5296.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (JPKM), 1(2), 34–41.

Julianto, I. T., Kurniadi, D., Septiana, Y., & Sutedi, A. (2023). Alternative Text Pre-Processing Using Chat Gpt Open Ai. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika?: JANAPATI , 12(1), 67–77. https://doi.org/10.23887/janapati.v12i1.59746

Layyin, S. N. M., & Haqiqi, A. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Materi Sudut Terintegrasi Nilai Keislaman. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, 2(1), 95–109.

Maielfi, D., Wahyuni, S., & Nurpatri, Y. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Animate. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 9(1), 1–8. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP

Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140–147.

Sulindra, I. G. M., Sentaya, I. M., Haris, A., Safitri, A., & Supriadi, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Hots Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kependidikan, 7(2), 1–7.

Suwarya, F. M. (2021). Dahsyatnya Google Drive. Guepedia.

Trilaksono, A. R., Husain, T., & Doharma, R. (2020). Uji Model Keberhasilan Sistem Informasi: Media Penyimpanan Google Drive. Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi ISSN, 2654, 3788.

Wahyujati, B. B. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Pembuatan Media Video Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ms Power Point. ABDIMAS ALTRUIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.24071/aa.v4i2.3641

Yan Saputra, R. (2023). The Development Of Android-Based Interactive Multimedia To Improve Learning Independence. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 48–59.

Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15.

Downloads

Published

2023-06-24

How to Cite

Suryani, S., Hasriani, H., Tamsir, N. ., T, H., Herlinda, H., Thabrani, T., Rauf, A. ., Natsir, M. S. ., Nirwana, N., Marsa, M., & Syam, A. (2023). LITERASI DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU SMKN 1 GOWA BERBASIS AI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4636–4643. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15888