PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PEMBUKUAN MANUAL DAN DIGITAL DENGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA MASYARAKAT DESA BUSUNG

Authors

  • Afriyadi Afriyadi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Anggit Aditya Putra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Bambang Harianto STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Miranti Miranti STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Randra Efdi Liandi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Tri Juliastuti STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15803

Keywords:

Pemberdayaan, UMKM, Pembukuan Dan Penerapan Digital Marketing

Abstract

Desa Busung terletak di kecamatan Seri Kuala Lobam Kabupaten Bintan. Mata pencaharian penduduk Desa Busung pada umumnya adalah nelayan,pekerja sektor swasta dan buruh. Mayoritas penduduk di Desa Busung memiliki usaha kecil- kecilan dengan berbagai macam kuliner seperti kue, keripik, kue deram-deram, kerupuk ikan, kerupuk gonggong, air tahu dan tempe. Sebagian besar pelaku usaha masih banyak kurang memahami mengenai akuntansi berupa pelaporan keuangan dan cenderung masih mengambil keputusan berdasarkan pengalaman, walaupun ada pencatatan pembukuan yang dilakukan selama ini dengan sangat sederhana dan mengabaikan kaidah administrasi keuangan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta meningkatkan pengetahuan akan pembukuan manual dan digital serta digital marketing di Desa Busung. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini kami menggunakan metode pemberian materi dalam bentuk powerpoint dan panduan bagaimana tahapan dalam pembuatan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berjudul “Edukasi Digital Marketing dan Pelatihan Pembukuan Manual dan Digital” pelatihan ini berguna untuk menambah wawasan dan informasi mengenai pembukuan digital serta bisa menerapkan digital marketing yang bagus di Desa Busung. Dengan demikian akan membantu masyarakat Desa Busung menjadi lebih menguasai dan paham akan cara pembukuan secara manual dan digital

References

Azizah, N. L., Indahyanti, U., Latifah, F. N., & Sumadyo, S. B. (2020). Pemanfaatan Pembukuan Digital pada Kelompok UMKM di Sidoarjo Sebagai Media Perencanaan Keuangan. Community Empowerment, 6(1), 64–70. https://doi.org/10.31603/ce.4378

Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/ 257670.Poerwanto.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Wardiningsih, R., Wahyuningsih, B. Y., & Sugianto, R. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha Kecil ( Mikro ) Di Dusun Bore Desa Kopang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 163–172.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Afriyadi, A., Putra, A. A., Harianto, B. ., Miranti, M., Liandi, R. E. ., & Juliastuti, T. . (2023). PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI PEMBUKUAN MANUAL DAN DIGITAL DENGAN PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA MASYARAKAT DESA BUSUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4185–4189. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15803